Sabtu, 15 Oktober 2016

4 Manfaat Ajaib Pala si Bumbu Dapur

Pala merupakan rempah-rempah yang biasa digunakan sebagai bumbu masakan. Ingatkah ketika Belanda menjajah Indonesia karena sumber rempah-rempah yang melimpah ruah di bumi pertiwi kita? Namun, penghuni bumbu dapur ini tidak berhenti disitu saja kegunaannya. Ada banyak manfaat lain yang ditemukan pada buah pala. Mungkin saja Anda baru tahu manfaat lain tersebut. Apa saja?
1. Menghilangkan Jerawat
Ada jerawat? Siapkan pertolongan pertama dengan mencampur pala bubuk dengan susu atau madu hingga menjadi pasta. Oleskan sedikit pasta tersebut pada kulit yang berjerawat, diamkan selama 10-15 menit, lalu bersihkan. Untuk hasil lebih maksimal, biarkan semalaman dengan dibalut plester. Maka Anda akan melihat jerawat kempes keesokan harinya. Pala bisa mengatasi jerawat karena kandungan anti-inflamasi di dalamnya. Sementara susu yang kaya vitamin dan protein dapat menghaluskan kulit.

2. Menenangkan Perut
Pala telah lama digunakan sebagai obat alami masalah pencernaan, diarrhea, dan gas usus. Minyak atsiri dan beberapa zat kimia alami yang ditemukan pada rempah-rempah dapat membantu mengatur saluran gastrointestinal. Untuk meningkatkan pencernaan, cobalah taburi menu sarapan penuh serat seperti oatmeal dengan kurang dari ½ sendok teh pala. Perhatikan bahwa terlalu banyak konsumsi pala bisa menyebabkan mual.

3. Memudahkan Tidur
Jika Anda mengalami masalah sulit tidur setiap malam, Anda boleh melirik minum susu dengan campuran pala. Susu mengandung tryptophan, yaitu asam amino yang berubah menjadi serotonin perangsang tidur. Sementara itu, pala menjaga serotonin agar tidak pecah sehingga lebih tahan lama di otak. Kombinasi ini bisa memudahkan Anda tidur dan bangun dengan segar pada pagi hari.

4. Meredakan Sakit Gigi
Minyak pala terbukti dapat meredakan sakit gigi dan radang gusi. Orang-orang dahulu biasa memijatkan satu hingga dua tetes minyak pala pada gusi yang bengkak dan nyeri. Sebagai bonus, senyawa pada minyak pala dapat mengatasi bakteri mulut yang bisa menyebabkan gigi berlubang.

0 komentar:

Posting Komentar