Sabtu, 15 Oktober 2016

Cara Unik Menikmati Air Putih

Belakangan ini istilah infused water dikalangan pengguna akun instagram sudah terasa tidak asing di telinga, terlihat banyak orang-orang yang memposting foto infused water di akun instagram mereka. Tentunya hal ini mengundang banyak sekali pertanyaan bagi masyarakat awam yang belum mengetahui mengenai air ajaib ini.
Selain tampilannya yang memanjakan mata karena berwarna-warni dan terlihat menggiurkan, manfaat yang terkandung di dalamnya juga membuat masyarakat penasaran dengan apa manfaat yang sebenarnya bisa didapatkan dengan mengkonsumsi infused water ini.
Infused water sebetulnya adalah istilah untuk air putih yang diberikan potongan buah-buahan untuk menambah rasa segar ke dalam air putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari. Karena ini adalah air putih yang ditambahkan buah-buahan tentu saja rasanya tidak akan semanis seperti kita menambahkan sirup atau gula. Awalnya infused water ini merupakan salah satu cara untuk membuat orang-orang yang tidak suka mengkonsumsi air putih menjadi lebih tertarik untuk mengkonsumsinya, seperti yang kita tahu bahwa tubuh kita perlu mengkonsumsi setidaknya 2 liter atau sekitar 8 gelas air putih setiap harinya.

Rasa dari infused water inipun tidak begitu berbeda dengan air putih yang kita konsumsi sehari-hari, hanya saja ada aroma dari buah-buahan yang sudah kita campurkan ke dalamnya. Uniknya, infused water ini tidak memiliki resep tertentu, jadi basically kita boleh kok mencampur buah apa saja yang kita suka ke dalam infused water selama memberikan manfaat yang baik untuk tubuh kita.

Manfaat infused water
Nah, apa sih manfaat yang diberikan oleh infused water ini? Sebagai salah satu orang yang mengkonsumsi infused water ini, banyak loh ternyata manfaat yang sudah saya rasakan. Contohnya badan terasa semakin ringan setiap bangun tidur di pagi hari, pencernaan menjadi lancar, membantu proses pengurangan berat badan, meredakan flu, dan sebagai penderita diabetes tipe 2, infused water juga terbukti membantu menstabilkan gula darah saya. Manfaat utama dari infused water ini sebetulnya mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh kita (detoxification) apabila dikonsumsi secara teratur.

Bagaimana cara membuat infused water?
Cara membuat infused water ini terbilang mudah, siapapun bisa membuat infused water di rumah. Kita bisa mengkombinasikan buah-buahan seperti lemon, kiwi, strawberi, jeruk nipis, timun, jeruk, nanas, blueberry dan anggur yang sangat mudah dijumpai di supermarket maupun pasar-pasar tradisional. Bahkan kita juga bisa menambahkan daun mint sebagai penambah aroma rasa.

Setelah memutuskan buah apa yang akan dicampurkan, terlebih dahulu cuci buah-buahan yang akan dipakai sampai bersih. Lalu, potong buah-buahan sesuai selera dan masukan ke dalam botol minum. Setelah itu tambahkan air putih yang disesuaikan dengan seberapa banyak buah-buahan yang Anda campurkan. Langkah terakhir simpan di dalam kulkas, tunggu sekitar 30 menit sampai 2 jam, dan infused water Anda siap untuk dinikmati. Infused water ini bisa bertahan 3-5 hari, tergantung buah apa yang digunakan, bisa juga di isi ulang maximal dua kali. Intinya kita bisa menambahkan buah-buahan apa saja yang kita sukai sebanyak-banyaknya ke dalam air putih yang kita konsumsi sehari-hari.

Beberapa kombinasi buah dan manfaatnya?
Berikut ini merupakan beberapa kombinasi buah-buahan yang bisa dicampurkan ke dalam air putih Anda, serta manfaat-manfaat yang diberikan.

• Teh hijau, daun mint, dan jeruk nipis
Dapat membantu mengurangi lemak, memperlancar pencernaan, meringankan sakit kepala, dan penyegar nafas.

• Strawberi dan kiwi
Memperlancar system peredaran darah, perlindungan sistem kekebalan tubuh, menstabilkan gula darah, dan memperlancar pencernaan.

• Timun, jeruk nipis, dan lemon
Mengurangi rasa kembung, mengontrol nafsu makan, dan memperlancar pencernaan.

• Lemon, jeruk nipis, dan jeruk
Sebagai daya tahan tubuh (vitamin C), mengobati maag, dan pencernaan

• Lemon
Mengurangi berat badan, meredakan flu, dan sebagai daya tahan tubuh

Meningkatnya konsumsi makanan dan minuman yang kurang menyehatkan belakangan ini membuat masyarakat harus lebih memikirkan mengenai kondisi kesehatan badan mereka. Infused water merupakan salah satu pilihan alternatif mudah yang hadir untuk membantu kita mengurangi resiko racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Namun, semuanya kembali kepada masyarakat itu sendiri, mereka memiliki cara masing-masing untuk menjaga kesehatan. Ada yang memilih berolahraga secara rutin, ada yang mengeluarkan uang habis-habisan demi menjaga gaya hidup sehat, atau bahkan ada yang memilih mengkonsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya akan serat, dan yang lebih sederhana bisa mencoba mengkonsumsi infused water ini.

0 komentar:

Posting Komentar