Sabtu, 15 Oktober 2016

4 Masalah Kulit yang Disebabkan Stres

Jika mendadak kulit wajah Anda bermasalah seperti beruntusan atau jerawatan, mungkin saja salah satu indikasi penyebabnya adalah stres. Faktanya, stres mempengaruhi kondisi kulit. Seperti yang dikutip dari She Knows, dermatologis Dr. Papier mengungkapkan bahwa terdapat hubungan erat antara stres dan permasalahan kulit. Penyebab utamanya adalah hormon. Saat stres, hormon kortisol, yaitu hormon penyebab stres, lebih banyak dilepaskan tubuh. Hormon kortisol inilah yang memecah kolagen dan menyebabkan inflamasi. Masalah kulit yang ditimbulkan tidak hanya sebatas jerawat, tapi juga kondisi kulit lainnya yang secara mendalam berikut ini.
1. Keriput
Jika Anda sudah mengalami stres berat, maka Anda secara terus-menerus menjaga tubuh tetap memproduksi hormon kortisol yang selain merusak kolagen juga menambah berat badan dan meningkatkan tekanan darah. Pada kondisi seperti ini, tubuh akan kesulitan untuk memproduksi kolagen dan elastin yang berfungsi menjaga kekencangan kulit sekaligus mengatasi kerusakannya. Jika jumlah kolagen dan elastin semakin menurun akibat stres, maka kulit Anda menjadi mudah sekali keriput dan akhirnya Anda mengalami penuaan dini. Anda bisa mengurangi hormon kortisol dengan cara melepaskan stres seperti banyak istirahat, memanjakan diri, atau olahraga.

2. Jerawat
Dampak nyata dari stres adalah munculnya jerawat. Namun yang membuat kondisi kulit semakin parah adalah keinginan untuk memencet jerawat. Dengan cara memencet jerawat inilah orang yang stres bisa merasa sedikit melepaskan rasa cemas dan tegangnya. Di lain sisi, jerawat yang dipaksa kempes justru menyebabkan kulit meradang, membuat kulit menjadi lebih bermasalah, dan akhirnya menimbulkan stres baru akibat banyaknya luka bekas jerawat. Jadi, hindarilah memencet jerawat.

3. Iritasi dan Alergi
Kulit memiliki sel tiang yang melepaskan histamine sebagai respon terhadap biokimia seperti hormon stres. Histamin merupakan penyebab utama pada alergi dan inflamasi, sebagai contoh adalah pemicu sakit demam dan asma serta beberapa permasalahan kulit mulai dari dermatitis, gatal-gatal, hingga psoriasis.

4. Lingkaran Hitam Mata
Stres menyebabkan Anda menjadi sulit tidur, padahal tidur adalah hal penting dalam menjaga kemudaan dan kesehatan kulit. Kurang tidur bisa mengakibatkan masalah kulit seperti inflamasi, kapilari bocor, dan melambatnya metabolisme. Cairan yang seharusnya didistribusikan ke seluruh tubuh tidak bisa disalurkan. Kelebihan cairan pada wajah akhirnya berkumpul jaringan bawah mata. Imbasnya adalah mata lelah, bengkak, hitam, dengan kata lain lingkaran hitam mata.

***
Raih kecantikan wajahmu dengan penggunaan produk terbaik dari DR Rochelle skin expert.

0 komentar:

Posting Komentar