Jumat, 14 Oktober 2016

Cara Agar Tidak Jadi Orang Pelupa

Kemampuan otak untuk mengingat terus berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Tak heran, banyak orang dewasa dan orang tua yang suka lupa terhadap sesuatu. Apakah Anda juga mulai menjadi seorang yang pelupa?
Hipokampus, daerah pada otak yang berfungsi menampung ingatan akan terus kehilangan sel sarafnya sebanyak 5 persen setiap sepuluh tahun. Itu artinya setiap sepuluh tahun, kemampuan otak kita dalam hal mengingat juga akan ikut berkurang.

Meskipun demikian, para pakar berhasil mengungkap bahwa otak pada orang dewasa juga bisa ditingkatkan kemampuannya. Dengan langkah-langkah tertentu, setiap orang akan mampu meningkatkan kemampuan ingatannya.

1. Pilih makanan yang tepat
Makanan yang kaya antioksidan seperti sayur dan buah sangat cocok untuk otak. Makanan tersebut bisa mencegah kerusakan otak akibat radikal bebas. Oatmeal, gandum utuh, dan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, juga cocok untuk otak.

2. Permainan otak
Permainan otak seperti puzzles, sudoku, dan teka teki silang dapat meningkatkan kemampuan mengingat pada otak. Permainan otak akan mengaktifkan hantaran rangsangan ke semua area otak, termauk ingatan. Permainan otak juga mampu menghamat penurunan kemampuan kognitif otak.

3. Tidur yang cukup
Para peneliti menganjurkan untuk tidur delapan jam atau lebih setiap harinya. Tidur hanya tiga hingga empat jam dalam sehari bisa melemahkan kemampuan mengingat pada otak.Untuk itu, segera kurangi kebiasaan begadang Anda mulai dari sekarang.

4. Rajin olahraga
Para peneliti percaya bahwa olahraga dapat meningkatkan senyawa norepinfrin dalam otak yang mempunyai peran penting dalam pembentukan memori atau ingatan. Agar kemampuan mengingat otak tetap baik, Anda harus rajin berolahraga setiap harinya.

5. Fokus dalam satu hal
Cobalah untuk melakukan sesuatu hal secara bertahap, satu per satu. Memaksakan otak untuk bekerja secara ganda (multitasking) hanya akan membuat kemampuan otak jadi lemah. Otak akan terbebani dan mudah melupakan apa yang dilakukan sebelumnya.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kemampuan mengingat pada otak. Pola hidup yang sehat juga akan sangat berpengaruh terhadap kemampuan otak di saat hari tua nanti.

***
Cream Pemutih Wajah Terbaik tersedia di produk Kezia Skin Expert.

0 komentar:

Posting Komentar