Minggu, 18 September 2016

Tak hanya nasi putih, 5 makanan ini juga bikin kamu kenyang


Untuk menjalankan kegiatan sehari-hari, manusia membutuhkan suntikan karbohidrat. Namun kebanyakan orang memilih karbohidrat dalam bentuk yang salah. Maksudnya karbohidrat ini mengandung banyak gula dan zat tepung yang justru akan membuat tubuh lekas letih saat mengonsumsinya. Contohnya saja nasi putih yang menjadi makanan pokok orang Indonesia.

Makan nasi putih mengenyangkan. Namun selain nasi putih, ada juga makanan berkarbohidrat lainnya yang sehat. Berikut di antaranya.

Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan yang berasal dari gandum. Mengonsumsi terutama jika ditambah dengan madu atau buah tentu sangat mengenyangkan. Kabar baiknya, oatmeal juga kaya akan serat. Sehingga dengan mengonsumsinya, maka kesehatan pencernaanmu akan terjaga.

Nasi merah
Nasi ada banyak macam jenis. Seperti nasi merah. Tahukah kamu bahwa di dalam 100 gram nasi merah mengandung sekitar 38,8 gram karbohidrat, 179,5 kkal, 3,75 gram protein dan 0,45 gram lemak. Nasi merah pun juga kaya serat yang bisa mencegahmu dari sembelit.

Kentang
Hal ini bisa menjadi kabar gembira bagi kamu yang seorang penggemar kentang. Sebab kentang juga bisa membuatmu kenyang tanpa memberikan tambahan kalori yang berarti. Selain tinggi akan karbohidrat kompleks, kentang juga kaya serat. Namun kamu juga harus memperhatikan dengan baik proses pengolahan kentang. Jangan digoreng sebab akan membuat kentang jadi tak sehat. Lebih baik olah kentang dengan cara dikukus atau direbus.

Kacang-kacangan
Kacang-kacangan juga siap untuk mengenyangkan perutmu namun tidak akan membuatmu jadi gemuk karena kacang rendah karbohidrat. Selain itu kacang juga mengandung gula, serat, dan pati yang baik untuk tubuh.

Yogurt
Yogurt telah lama dikenal sebagai makanan yang baik untuk kesehatan pencernaan. Selain kaya akan bakteri yang baik untuk kesehatan perut, yogurt juga mengandung kalsium dan protein tinggi yang bisa membuat perutmu kenyang.

Jadi, tertarik untuk mengonsumsi makanan di atas sebagai pengganti nasi? Selamat mencoba!

0 komentar:

Posting Komentar