Kamis, 23 Maret 2017

Cara Membedakan Es Batu dari Air Mentah dan Air Matang

Beredar kabar bahwa banyak dijual es batu yang terbuat dari air mentah tanpa dimasak dulu. Air mentah yang tidak mengalami proses perebusan banyak mengandung bakteri dan mikroba yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu, air yang dipakai mungkin saja air sungai. Menjijikan? Tentu saja.
Sponsor: jasa iklan online

Anda yang sering jajan di luar pasti menjadi takut minuman yang Anda beli memakai es batu mentah. Karena itu kita perlu tahu perbedaan es batu yang terbuat dari air mentah dan air matang supaya kita lebih bijak saat membeli es batu atau minum es di luar rumah.

1. Es Batu dari Air Mentah
Bakteri E.coli atau Escherichia coli yang biasa dijumpai pada air minum bisa berdampak buruk pada kesehatan. Apalagi pada es batu yang terbuat dari air mentah dimana bakteri E.coli belum tersterilisasi oleh proses pemanasan saat merebus. Bakteri ini dapat menyebabkan masalah pencernaan serius yang ditandai dengan diare dan mual. Selain itu bahaya bakteri E.coli lainnya adalah menghasilkan racun yang merusak ginjal dan melemahkan dinding usus kecil pada anak-anak.

Ciri-ciri es batu dari air mentah antara lain warnanya putih dan terdapat gelembung-gelembung yang terperangkap di dalam es. Es semacam ini dijumpai pada es balok dan es bungkusan plastik.

Untuk menghindari mengonsumsi es batu mentah, lebih baik di rumah punya lemari es sendiri untuk membuat es. Atau jika harus membeli, belilah di tempat yang terpercaya akan kebersihan dan kematangan air yang dijadikan es.

2. Es Batu dari Air Matang
Es batu ini biasanya disebut es kristal karena berwarna bening dan hanya terdapat sedikit gas atau gelembung. Secara ilmiah, ketika pendinginan, sedikit gas yang terperangkap di dalam es karena kandungan udara di dalam air berkurang.

Es kristal ini berbentuk pipa berlubang yang banyak ditemui pada restoran, rumah makan, dan kantin. Secara spesifik bentuknya lonjong seperti pipa dengan lubang di tengah seperti donat. Es batu ini aman dikonsumsi dan tidak ada risiko kandungan bakteri di dalamnya karena airnya sudah matang.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

★★★
Kunjungi Toko Online Kami Disini (https://goo.gl/I1uzKR). Note: Silahkan lakukan pembelian secara COD/Ketemuan untuk menghindari penipuan dalam bentuk apapun!

★★★
Ingin Konsultasi Atau Beriklan di Portal Berita Kami? Cukup Click Link berikut ini (http://m.me/Tipsperawatankecantikandankesehatan)

0 komentar:

Posting Komentar