Selasa, 14 Februari 2017

Cara Mengontrol Rasa Cemas dengan Makanan

Semua orang tentu pernah merasa cemas akan suatu hal. Namun, ada beberapa orang yang ternyata tidak bisa mengontrol kecemasannya dengan baik. Akibatnya, ia rentan terkena stres dan juga gangguan kesehatan lainnya.Rasa cemas yang berlebihan bisa memicu gangguan kesehatan, seperti rasa mual, jantung berdetak lebih kencang, diare, sesak napas, dan tangan basah. Karenanya sangat penting untuk Anda bisa mengontrol rasa cemas dalam diri Anda sendiri.
Tidak bisa mengontrol rasa cemas yang bergejolak dalam tubuh Anda? Mungkin beberapa makanan berikut bisa menurunkan tingkat kecemasan Anda mengenai suatu hal. Simak baik-baik penjelasannya berikut ini:

1. Blueberry
Buah berwarna biru dan berukuran kecil ini ternyata bermanfaat untuk menurunkan rasa cemas. Blueberry diketahui kaya akan antioksidan dan kaya fitonutrein yang penting untuk kesehatan tubuh. Anda tidak perlu khawatir terkena diabetes, karena kadar gula pada buah ini lebih rendah dari jenis buah lainnya.

2. Cokelat hitam
Cokelat hitam atau biasa juga disebut dengan nama dark chocolate ini memiliki manfaat mengurangi sekresi kortisol, hormon yang berkaitan erat dengan rasa cemas dan stres. Jadi, dengan menkonsumsi cokelat hitam, maka rasa cemas dalam diri Anda akan berkurang.

3. Kacang-kacangan
Makanan yang satu ini ternyata ampuh untuk mengontrol rasa cemas. Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 pada kacang-kacangan mampu meningkatkan kekuatan otak. Selain itu, kandungan zat besi pada kacang-kacangan juga bisa mencegah komplikasi mental. Jadi sangat ampuh untuk obat rasa cemas. Salah satu jenis kacang-kacangan yang bisa Anda makan adalah kacang almond.

4. Ikan laut
Kandungan asam lemak omega-3 dan flavonoid pada ikan laut ternyata berguna untuk mengobati rasa cemas berlebihan. Selain itu, ikan laut juga mengandung sejumlah nutrisi lain yang bagus untuk kesehatan tubuh kita.

5. Telur
Untuk mengontrol rasa cemas berlebihan, Anda bisa menkonsumsi telur. Hal ini karena kandungan vitamin D, E, K, dan B6 pada telur ini juga berguna untuk mencegah rasa cemas berlebihan. Untuk mendapatkan khasiatnya, sebaiknya Anda konsumsi telur rebus.
Rasa cemas yang berlebihan harus Anda atasi dengan baik. Jangan sampai Anda sakit karena rasa cemas yang tidak bisa terkontrol tersebut. Semoga bermanfaat!!

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar