Selasa, 14 Februari 2017

Cara Atasi Menstruasi Tidak Lancar

Sebagian besar wanita pernah mengeluhkan masalah menstruasi tidak lancar. Umumnya mereka merasa panik akan adanya suatu penyakit. Apalagi sering muncul efek nyeri berlebih ketika menstruasi itu datang.Sebenarnya, menstruasi tidak lancar itu bisa dipicu oleh beberapa faktor. Perasaan cemas, stres, depresi, obat-obatan, kurang tidur, aktivitas yang berat, menopause, dan ovulasi tertunda juga bisa menyebabkan menstruasi terlambat.
Bagi Anda yang mengalami menstruasi tidak lancar, sebaiknya tidak perlu panik. Berikut ada beberapa cara mudah untuk mengatasi menstruasi tidak lancar. Bahan-bahan yang dibutuhkan juga sangat mudah didapat.

1. Makanan asam
Makanan asam ternyata bisa membantu melancarkan menstruasi. Disarankan untuk menkonsumsi asam jawa, baik yang berupa minuman atau berupa permen. Selain bisa melancarkan menstruasi, asam jawa ini juga dipercaya bisa membantu mengencerkan darah menstruasi yang meggumpal sehingga nyeri haid bisa reda.

2. Buah-buahan
Perbanyak konsumsi buah-buahan saat menstruasi tak kunjung datang. Konsumsi buah-buahan yang masih segar, bukan buah kalengan yang sudah diawetkan. Beberapa buah yang bermanfaat untuk melancarkan menstruasi adalah nanas dan pepaya.

3. Cuka apel
Cuka apel ternyata ampuh untuk melancarkan menstruasi atau haid. Anda bisa meminumnya dengan cara diseduh terlebih dahulu atau ditambahkan pada buah-buahan, seperti saus salad. Cuka apel ini dapat mengurangi insulin dan menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

4. Wijen
Wijen adalah biji-bijian yang sering ditemui pada onde-onde. Wijen ternyata bisa menjadi ramuan yang ampuh untuk melancarkan menstruasi. Disarankan untuk menkonsumsi wijen seminggu sebelum tanggal biasanya Anda menstruasi.
Caranya, Anda bisa memakan wijen secara langsung atau memakan onde-onde. Selain itu, Anda juga bisa menjadikan wijen sebagai taburan pada menu masakan. Dengan demikian, menstruasi Anda bisa lancar.

Selain memakan makanan tersebut, Anda juga disarankan untuk rutin melakukan olahraga. Hal ini sangat berguna untuk melancarkan siklus menstruasi. Semoga bermanfaat!

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar