Kamis, 09 Februari 2017

Cara Aman Berpuasa untuk Ibu Hamil

Ibu hamil sebenarnya tidak apa-apa ikut menjalankan puasa Ramadan, asalkan harus tetap mengonsumsi makanan yang sehat sehingga memenuhi kebutuhan nutrisi untuk si bayi dan dirinya.Jika ibu hamil tetap memperhatikan makanan yang dikonsumsi dan kondisi kehamilannya, maka puasa yang dijalani akan lancar. Akan tetapi, ada juga ibu hamil yang tidak berpuasa dikarenakan mengkhawatirkan kondisi kehamilannya.

seorang ibu hamil bernama Anartis mengaku bahwa saat ini usia kehamilannya 7 bulan dan dirinya tetap menjalankan ibadah puasa. Selama puasa dirinya merasa tetap bugar dan tidak menemui kendala kesehatan yang membahayakan janinnya.

Bagi Anda yang sedang hamil, tak apa-apa menjalankan ibadah puasa. Tak perlu mengkhawatirkan kondisi kehamilan asalkan Anda tetap memperhatikan cara aman berpuasa saat hamil. Bagaimana caranya? Dilansir dari sumber yang sama, berikut cara aman berpuasa untuk ibu hamil:

1. Mengonsumsi makanan yang bergizi saat sahur dan berbuka
Selama hamil, sang ibu harus tetap memenuhi kebutuhan nutrisi untuk bayi dan dirinya. Dilansir sumber yang sama, dr. Aryando Pradana, SpOG mengatakan bahwa ibu hamil memang aman berpuasa asalkan dalam keadaan sehat dan tetap menjaga asupan gizi dan nutrisi yang seimbang. Bagi ibu hamil dan janinnya dibutuhkan sekitar 2.500 kalori dalam sehari. Untuk itu, pastikan ibu hamil mengonsumsi makanan bergizi yang tersiri dari nasi, sayur, lauk pauk, dan susu pada saat sahur dan berbuka puasa.

2. Perbanyak mengonsumsi sayur dan buah
Selain mengonsumsi makanan yang bergizi, ibu hamil yang ingin menjalankan ibadah puasa juga disarankan untuk perbanyak mengonsumsi sayur dan buah. Berbagai jenis sayuran hijau dan buah-buahan sangat penting untuk kesehatan Anda dan si bayi. Selain itu, mengonsumsi kacang-kacangan dan meminum air putih yang cukup juga sangat disarankan untuk ibu hamil yang tengah menjalankan ibadah puasa.

3. Meminum suplemen tambahan
Bukan hanya makanan  bergizi saja yang perlu ibu hamil konsumsi, tapi suplemen tambahan yang diberikan oleh dokter juga perlu dikonsumsi pada saat sahur dan berbuka puasa. Suplemen yang dianjurkan untuk dokonsumsi adalah suplemen vitamin yang mengandung beberapa zat penting, seperti asam folat yang diperoleh dari kacang-kacangan, zat besi dari sayuran, dan kalsium dari susu dan ikan.

Itulah cara aman berpuasa untuk ibu hamil. Penting bagi ibu hamil untuk tetap memeriksakan diri ke dokter kandungan saat menajalankan ibadah puasa, setidaknya dua minggu sekali.

Adapun kondisi ibu hamil yang disarankan untuk tidak berpuasa, diantaranya dehidrasi , pendarahan, kencing manis, hipertensi, gangguan pencernaan, dan usia kehamilan mendekati kelahiran si bayi.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar