Rabu, 08 Februari 2017

5 Alasan Kenapa Berpuasa Tidak Menurunkan Berat Badan

Selain untuk mendapatkan pahala, berpuasa terkadang dijadikan sebagian orang untuk menurunkan berat badannya alias diet. Mereka berharap dengan berpuasa, berat badannya menjadi turun atau langsing. Tapi, tak semua orang berat badannya menjadi turun setelah menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan.Sejumlah orang mengatakan bahwa bobot badannya malah bertambah setelah berpuasa selama kurang lebih 30 hari. Padahal, intensitas makan dan minum lebih sedikit. Apa penyebabnya?

Pramono, ahli gizi dari RSUD Ulin Banjarmasin mengatakan bahwa ada beberapa alasan yang menyebabkan orang tidak menjadi langsing setelah lama berpuasa. Apa saja alasan tersebut? Berikut 5 alasan kenapa berpuasa tidak menurunkan berat badan:

1. Terlalu banyak makan saat berbuka puasa
Pramono mengatakan bahwa banyak orang yang menjadikan buka puasa sebagai ajang balas dendam untuk mengonsumsi makanan. Biasanya, mereka akan mengonsumsi aneka makanan, seperti kolak, gorengan, es campur. Padahal, semua makanan itu memiliki kandungan kalori yang tinggi.

2. Selera makan bertambah
Porsi makan ketika berbuka puasa dan sahur tetap atau bahkan lebih banyak daripada ketika tidak berpuasa. Serjumlah orang yang terbiasa makan dengan porsi besar, puasa bisa menaikkan selera makan dan minumnya pada saat berbuka dan sahur.

3. Aktivitas fisik menurun
Saat sedang berpuasa, biasanya orang jadi malas untuk beraktivitas. Selain itu, jumlah tidur juga bertambah terutama pada siang hari. Melakukan hal tersebut pada saat sedang berpuasa tentunya akan menurunkan kebutuhan energi. Akibatnya, berat badan malah akan menjadi naik.

4. Metabolisme tubuh menurun
Pada saat berpuasa, metabolisme tubuh berubah, kebutuhan energi untuk kebutuhan basal tubuh (BMR) menjadi menurun. Penggunaan energi jadi efektif sehingga walaupun Anda mengonsumsi makanan seperti sebelum puasa, namun hasilnya berat badan akan tetap naik.

5. Penyerapan makanan menjadi efektif
Pada saat berpuasa selama kurang lebih 13 jam menyebabkan tubuh menjadi sangat efektif dalam mengolah makanan dan diserap sempurna ke dalam pembuluh darah. Dengan begitu, pengolahan zat gizi sangat efektif termasuk untuk energi.

Itulah alasan kenapa berpuasa tidak menurunkan berat badan. Jadi, jika tidak ingin berat badan naik setelah berpuasa, maka Anda disarankan untuk tetap berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat pada saat sahur dan berbuka puasa. Pastikan untuk tidak makan berlebihan dan perbanyak mengonsumsi sayur dan buah-buahan.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar