Selasa, 03 Januari 2017

Tebak kondisi kesehatan lewat 8 bunyi aneh yang dikeluarkan tubuh

Tubuh manusia bisa diibaratkan seperti mesin yang selalu bekerja sehingga tak jarang akan menimbulkan suara tertentu. Dan tahukah kamu bahwa kamu bisa mendeteksi atau mengetahui kondisi kesehatanmu lewat suara yang dikeluarkan?

Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah penjelasannya.

Suara hidung 'bersiul'
Sering mendengar suara seperti bersiul di hidung? Hal ini disebabkan ketika aliran udara di hidung terhalang, bisa jadi karena akumulasi lendir yang berlebih di rongga hidung. Biasanya ketika kamu pilek maka hidungmu akan 'bersiul'. Namun jika kamu sering mengalaminya, bisa jadi ada masalah di antara tulang rawan dan lubang hidung.

Mendengkur
Mereka yang mendengkur menunjukkan bahwa mereka memiliki gangguan seperti sleep apnea yang membawa dampak buruk untuk kesehatan.

'Bersendawa' dalam perut
Sendawa yang dikeluarkan di dalam perut disebabkan karena udara yang ingin keluar dari perut. Jika bersendawa ini disertai dengan nyeri dada atau nyeri tenggorokan, hal ini menandakan penyakit gastroesophageal reflux.

Cegukan
Cegukan umumnya terjadi karena udara yang ingin keluar dari dalam mulut. Cegukan yang terlalu lama bisa menyebabkan iritasi serta gangguan saraf.

'Cracking' di persendian
Suara cracking ini seperti persendian yang 'patah'. Suara ini normal terjadi ketika sendi kekurangan cairan untuk melumasi. Namun jika suara ini disertai dengan rasa sakit, maka kamu membutuhkan perawatan medis.

Suara mendesing di telinga
Suara mendesing ini sering muncul saat kamu sedang beristirahat dengan tidur di atas bantal dan berbaring. Suara ini muncul ketika darah bergerak melalui arteri karotis dan vena jugularis di belakang telingamu.

Suara 'bergumam' di perut
Suara bergumam di perut sering muncul ketika perut kosong dan membutuhkan makanan untuk dicerna. Namun jika suara bergumam ini disertai dengan rasa sakit dan mual, maka kamu memiliki masalah yang berhubungan dengan pencernaan.

Suara mendenging di telinga
Apakah kamu sering mendengar suara seperti lonceng yang berdering di dalam telinga? Bisa jadi ini adalah penyakit tinnitus. Penuaan, infeksi, atau kerusakan pada bagian dalam telinga menjadi penyebab dari munculnya suara yang mendenging.

Itulah beberapa penjelasan tentang suara yang sering muncul di tubuh. Jadi, dengarkan tubuhmu dan lakukan perawatan yang tepat untuk mengatasinya.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar