Kamis, 19 Januari 2017

Cara Menjaga Kesehatan di Musim Pancaroba

Musim pancaroba, merupakan waktu saat tidak menentunya cuaca, bentar panas bentar hujan. Cuaca seperti ini membuat seseorang rawan sekali untuk sakit. Penyakit tersebut tidak memandang bulu, baik anak-anak maupun dewasa.Kalau anak-anak akan lebih rewel bisa sakit dan membuat Ibu pusing.Kondisi cuaca yang tak menentu, kita harus lebih ekstra menjaga kekebalan tubuh agar tetap sehat dan bugar. Pakar kesehatan mengatakan bahwa untuk melawan ancaman penyakit di musim pancaroba ini kuncinya dengan meningkatkan daya tahan tubuh.
Yang paling penting adalah menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Karena banyak virus yang menyerang tubuh. Ada ribuan virus yang tersebar di udara, bermacam-macam virus, baik di mal, kantor, bioskop, rumah, dan lainnya. Agar tidak terserang virus kita harus menjaga kesehatan badan, karena badan yang tidak fit akan cepat virus masuk kedalam tubuh sehingga kita menjadi sakit.Karena lebih baik mencegah daripada mengobati.
Agar daya tahan tubuh tidak menurun, berikut beberapa hal yang harus dilakukan .

1. Waktu untuk tidur dan istirahat haruslah cukup
Istirahat yang cukup sangatlah penting untuk menghindari daya tahan tubuh menurun.Dan terapkan makan teratur dan makanan yang sehat.
Setelah menjalani rutinitas seharian pasti badan akan terasa capek, Tidur yang cukup akan memullihkan kondisi badan yang capek. Jangan dibiasakan begadang.
Dokter mengatakan bahwa kecukupan tidur itu sendiri sebenarnya bukan hanya mengenai durasi tapi kualitas. Jadi, milikilah tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas itu ditandakan dengan bermimpi atau ketika bangun tidur badan terasa segar.
Semakin tua, manusia akan membutuhkan waktu tidur makin sedikit. Rata-rata tidur cukup tujuh jam, tapi ada juga yang tidur hanya lima jam tapi berkualitas, sehingga ketika bangun badan terasa segar. Agar tidur dapat berkualitas, hindari masalah kejiwaan, seperti masalah dalam hidup.

2. Mengkonsumsi makan bergizi secara teratur
Saat makan, jangan hanya mengutamakan kenyang dan berprotein tinggi. Makan yang teratur dan bergizi harus diutamakan. Untuk meningkatkan kekebalan tubuh Anda bisa mengkonsumsi telur setiap hari. Karena telur merupakan sumber protein yang utama. Selain membutuhkan protein, tubuh juga mmemerlukan gizi yang terkandung didalam sayur dan buah. Jadi jangan lupa juga untuk makan sayur dan buah.

3. Menggerakkan badan
Orang yang rentan terserang penyakit adalah orang yang kurang gerak, makan tidak teratur, dan makan asal kenyang. Menurut dokter, seseorang akan mudah sakit bila hanya duduk berlama-lama di kantor, ditambah di ruang ber-AC, karena virus ada di udara.

Jadi jangan anggap diruangan yang ber-AC tidak ada virus. Intinya dimanapun kita berada harus menerapkan pola makan teratur, istirahat cukup. Tidur siang tak perlu berjam-jam, 15 menit saja cukup. Agar tubuh menjadi kuat, sebaiknya melakukan jalan kaki cepat selama 50 menit setiap hari.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar