Jumat, 20 Januari 2017

10 Kebiasaan Buruk yang Menyehatkan

Memiliki kebiasaan yang buruk memang kurang baik dan seharusnya ditinggalkan. Terkadang ada beberapa kebiasaan buruk yang sulit untuk ditinggalkan, tak peduli seberapa keras pun usaha kita. Namun ternyata ada beberapa kebiasaan buruk yang justru dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita dan memiliki manfaat tersendiri.Apa saja kebiasaan-kebiasaan buruk yang baik untuk kesehatan, berikut daftarnya;

1. Menggeretakkan jari
Menggeretakkan buku jari sering dianggap kebiasaan buruk oleh sebagian orang karena dapat merusak otot dan tulang pada tangan. Namun sebenarnya, kebiasaan ini sangat menyehatkan karena membuat persendian di sekitar tangan menjadi lebih fleksibel.

2. Bersendawa
Jangan pernah mencoba menahan sendawa karena akan membuat perut mulas dan memicu nyeri di dada. Sendawa juga dapat melindungi tubuh dari asam lambung. Saat bersendawa, tubuh tidak hanya mengeluarkan angin atau udara yang dihirup tetapi juga karbondioksida dan hidrogen yang berasal dari dalam lambung.

3. Menggigit kuku
kebiasaan yang sering dilakukan saat kita masih kecil ini ternyata adalah kebiasaan yang baik bagi kesehatan. Hal ini dikarenakan menggigit kuku jari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh manusia karena mengenali bakteri yang pernah menyerangnya, sehingga tubuh memberikan rasa kebal terhadap bakteri yang sama.

4. Makan di tempat tidur
Bukan hanya buruk, mereka yang sering melakukan kegiatan ini juga dianggap sebagai orang yang malas. Namun, menyantap makanan di tempat tidur dapat membuat lambung lebih rileks dan melancarkan pencernaan. Pastikan posisi duduk anda tegak lurus agar tidak menekan lambung dan menghambat proses pencernaan makanan yang masuk ke dalam perut.

5. Mebuang angin
Meski terkesan tidak sopan, kentut atau buang angin sangat baik bagi kesehatan untuk meredakan nyeri dan masalah kembung di perut. Jangan lupa, tubuh manusia harus mengeluarkan kotoran baik dalam bentuk padat maupun gas, seperti kentut.

6. Mengumpat
Melontarkan sumpah serapah ternyata sangat baik bagi kesehatan. Meski membuat ‘panas’ telinga yang mendengarnya, mengumpat dapat memberi efek menenangkan, meningkatkan detak jantung serta membantu melawan rasa sakit. Mengucapkan sumpah serapah juga membuat kita lebih lega di tengah situasi yang membuat frustasi dan menimbulkan amarah.

7. Meludah
Kegiatan membuang air liur ini memang dicap sebagai aktivitas yang terkesan kotor dan menjijikkan. Kendati demikian, meludah dapat membantu kita untuk bernapas lebih mudah. Hal ini biasanya terjadi saat berolahraga dimana kebanyakan orang bernapas lewat mulut sehingga memproduksi air liur berlebih yang harus segera kita buang.

8. Merasa gelisah
Meski kegiatan ini diangap kurang baik bagi kesehatan, nyatanya orang yang sering gelisah dapat melatih otaknya agar terus aktif. Selain itu rasa gelisah juga baik untuk membakar kalori dan mencegah berat badan berlebih.

9. Tertawa keras
Meski terkesan tidak sopan, apalagi jika di tempat-tempat umum, tertawa sekeras-keras dan sekencang-kencangnya dapat membakar lemak sehingga membuat tubuh tetap langsing. Cara ini pun dapat digunakan sebagai alternatif untuk menghindari berat badan berlebih.

10. Mendengar musik dalam volume keras
Suara dentuman musik yang terlalu keras memang dapat merusak gendang telinga, apalagi jika didengarkan dengan menggunakan headset. Akan tetapi, salah satu kebiasaan yang dianggap buruk ini ternyata dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Mendengarkan musik favorit juga dapat membuat tubuh lebih rileks dan meningkatkan mood. Meski begitu, sebaiknya jangan terlalu sering melakukan kebiasaan ini karena akan berefek buruk pada organ pendengaran.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar