Senin, 26 Desember 2016

Yuk, kenali 10 jenis sakit kepala ini agar tak salah obat!

Saat ini sakit kepala menjadi gangguan kesehatan yang sering dialami oleh banyak orang. Sebab banyak faktor dalam kehidupan sehari-hari yang membuat orang mudah terkena sakit kepala seperti stres saat bekerja, kurang tidur, atau bahkan terlalu lelah.
Para ahli kesehatan menemukan bahwa sebenarnya adalah 150 jenis sakit kepala. Sebab otak memiliki banyak saraf yang rentan akan tekanan. Namun daripada pusing, berikut adalah beberapa jenis sakit kepala yang umum terjadi seperti dilansir dari boldsky.com.

Migrain
Migrain menjadi gangguan sakit kepala yang paling umum terjadi. Migrain biasanya disebabkan karena peradangan pada arteri dan pembuluh darah otak. Biasanya rasa sakit ini seperti diremas dan membuat kepala Anda berdenyut. Dan yang lebih mengesalkan lagi, migrain hanya terjadi di salah satu bagian kepala yang terasa sangat menekan.

Sinus
Meskipun sakit kepala karena sinus bersifat musiman, namun sakit kepala ini terasa sangat menyakitkan saat kambuh. Biasanya sakit kepala karena sinus terjadi saat Anda sedang flu. Sakit kepala karena sinus mampu membuat mata Anda berair, hidung dan wajah seakan membengkak, dan pusing di pangkal mata dekat hidung.

Sakit kepala karena tekanan
Tekanan menjadi penyebab utama dari sakit kepala ini. Biasanya sakit kepala karena tekanan akan muncul setelah Anda mengalami hari yang super menegangkan. Namun Anda bisa menghindari sakit kepala ini dengan sesekali mengistirahatkan tubuh Anda saat terasa lelah.

Sakit kepala di area tertentu
Sakit kepala yang biasa disebut dengan sakit kepala cluster ini menciptakan rasa nyeri yang tak tertahankan pada satu sisi kepala Anda. Anda biasanya akan merasakan bengkak di kelopak mata, hidung meler, dan mata berair saat jenis sakit kepala ini menyerang. Jenis sakit kepala ini ternyata juga jarang menyerang pria.

Sakit kepala hormonal
Sakit kepala hormonal biasanya terjadi pada wanita. Sebab wanitalah yang seringkali mengalami perubahan siklus hormonal yang mendadak saat melewati masa tertentu seperti pubertas, menstruasi, kehamilan, dan menopause. Bahkan konsumsi obat-obatan seperti pil kontrasepsi juga mampu memicu munculnya sakit kepala ini.

Sakit kepala karena ketergantungan kafein
Tahukah Anda bahwa ketergantungan kafein ternyata bisa membuat Anda sakit kepala? Itulah sebabnya para peminum kopi seringkali mengeluhkan sakit kepala saat mereka tidak minum kopi. Sebab otak mereka mencari suntikan kafein yang biasanya didapatkan dari kopi. Untuk mengobati sakit kepala jenis ini sebaiknya justru kurangi minum kopi agar ketergantungan Anda berangsur-angsur hilang.

Sakit kepala karena sakit gigi
Sakit gigi ternyata juga bisa membuat seseorang sakit kepala. Sebab nyeri karena sakit gigi ini akan menjalar hingga ke saraf kepala Anda.

Sakit kepala karena minum alkohol
Mabuk atau minum minuman beralkohol ternyata juga bisa membuat seseorang sakit kepala. Biasanya rasa sakit ini muncul di pagi hari setelah semalamnya Anda mabuk. Selain itu sakit kepala ini biasanya dibarengi dengan mual serta mata merah.

Sakit kepala kronis
Anda sering sakit kepala? Berhati-hatilah sebab bisa jadi Anda terkena sakit kepala kronis. Periksakan kondisi kesehatan Anda saat Anda sering sakit kepala setidaknya 2 kali dalam sebulan.

Sakit kepala karena mata lelah
Mata lelah ternyata juga bisa membuat Anda pusing. Sebab saraf otak yang ikut mengontrol saraf mata juga bekerja dengan keras. Beberapa aktivitas yang membuat mata lelah hingga pusing adalah menonton TV terlalu lama, menatap layar komputer terlalu sering, hingga membaca dalam kondisi gelap.

Itulah beberapa jenis sakit kepala yang umum menyerang. Mengetahui jenis sakit kepala berikut dengan penyebabnya sangatlah penting. Sebab dengan pengetahuan ini Anda tidak lagi salah dalam menangani sakit kepala yang terjadi.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar