Selasa, 20 Desember 2016

Ini yang menopause dini katakan tentang kesehatan kamu

Meskipun hanya sekitar 1% wanita yang mengalami menopause dini (biasanya dialami pada usia sebelum 40 tahun), tetapi menopause dini tidak bisa di abaikan. Ini karena menopause dini bisa jadi sebuah sinyal yang dikirim tubuh untuk menginformasikan kondisi kesehatan seseorang. Melansir dari prevention.com, berikut ini merupakan lima hal yang dikatakan oleh menopause dini mengenai kesehatan kamu.
1. Risiko rendah pada kanker ovarium dan kanker payudara

Wanita dengan tingkat sirkulasi estrogen tinggi memiliki risiko lebih besar utnuk terkena kanker payudara. Sehingga orang-orang yang mengalami menopause dini memiliki risiko yang lebih rendah terserang penyakit kanker payudara dibandingkan mereka yang lebih lama mengalami masa menopause. Hal yang sama berlaku untuk kanker ovarium. Semakin sedikit ovulasi yang seseorang alami maka semakin kecil kemungkinan dirinya mengalami kanker ovarium.

2. Penuaan lebih cepat

Telomeres adalah struktur kecil yang melindungi DNA sari kerusakan, dan usia biologis seseorang dapat ditunjukkan melalui panjang telomere tersebut. Ukuran telomere yang pendek berarti seseorang mengalami penuaan yang lebih cepat. Penelitian yang datang dari American Society for Reproductive Medicine (ASRM) menemukan bahwa wanita usia 25-45 tahun dengan jumlah telur yang lebih rendah memiliki telemore yang lebih pendek.Hal inilah yang menyebabkan mereka mengalami menopause dan juga penuaan yang lebih cepat.

3. Memiliki kadar racun yang tinggi

Wanita yang memiliki kadar racun tinggi dalam tubuhnya memiliki kemungkinan mengalami menopause 2-4 tahun lebih awal. Berdasarkan pada tes urin dan darah yang dilakukan pada mereka, racun-racun tersebut sebagian besar berasal dari plastik, produk perawatan pribadi dan juga lingkungan. Racun dalam tubuh mempengaruhi seberapa cepat folikel telur seseorang dilepaskan dan bahkan bisa merusaknya. Kekurangan telur pada ovarium adalah salah satu faktor penyebab seseorang mengalami menopause.

4. Peningkatan risiko jantung

Wanita yang mengalami menopause dini (bukan disebabkan oleh kemoterapi atau pengangkatan ovarium) sebelum usia 45 tahun memiliki 40% kemungkinan mengalami gagal jantung. Ini dibandingkan dengan wanita yang mengalami menopause pada usia 50-54 tahun. Tingkat estrogen tinggi terkait dengan pembuluh darah dan kadar kolesterol sehat. Estrogen memiliki efek perlindungan pada sistem kardiovaskular (jantung, pembuluh darah, dan darah). Menopause dini terkait dengan kadar estrogen rendah yang berati perlindungan yang lemah pada sistem kardiovaskular.

5. Peningkatan risiko Alzheimer, diabetes, dan kanker

Telemore yang lebih pendek bukan hanya menunjukkan percepatan kerusakan DNA, tetapi juga meningkatkan risiko penyakit yang berhubungan dengan usia seperti alzheimer, diabetes dan kanker. Estrogen memiliki peran dalam hal ini. Otak adalah bagian dari sistem kardiovaskular yang dilindungi oleh estrogen. Genetika juga memainkan perannya di sini. Mutasi genetik seringkali menyebabkan penyakit keturunan lainnya.

Kebanyakan wanita yang mengalami menopause dini disebabkan oleh gaya hidup, lingkungan dan faktor genetik. Secara khusus, menopause dini juga dialami oleh mereka yang menjalani kemoterapi dan ooforektomi atau pengangkatan ovarium.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar