Selasa, 20 Desember 2016

ASI ternyata tidak berpengaruh terhadap IQ anak

Banyak orang yang menyatakan bahwa memberi ASI pada bayi dapat membuatnya menjadi lebih cerdas dan memiliki IQ yang tinggi. Tetapi ternyata penelitian terbaru membantah pendapat tersebut.
Dilansir dari New York Times, ASI memang dapat membawa manfaat kesehatan tetapi tidak menimbulkan pengaruh terhadap perkembangan IQ anak. Penelitian di Inggris ini dilakukan pada 11.582 anak yang lahir antara tahun 1994 dan 1996. Dua per tiga dari partisipan menerima ASI selama kurang lebih empat bulan. Para anak tersebut yang sudah berada pada usia belasan diberikan sembilan tes kecerdasan.

Dari penelitian tersebut diketahui bahwa tidak ada perbedaan kecerdasan yang signifikan antara mereka yang diberi ASI dan yang tidak. Memang terdapat sedikit perbedaan yang tidak signifikan pada anak perempuan yang diberi ASI dan yang tidak. Tetapi pada anak laki-laki, sama sekali tidak muncul adanya perbedaan ini. Perbedaan baru tampak jika latar belakang sosial ekonomi orang tua dan pengasuhan dibedakan.

Hasil penelitian ini meruntuhkan mitos pada masyarakat bahwa anak yang minum ASI cenderung lebih cerdas dibanding anak yang tidak. Perbedaan kecerdasan anak baru dapat dibedakan jika mempertimbangkan pola asuh dan kondisi sosial ekonomi anak.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar