Jumat, 23 Desember 2016

Diet Sehat ala Diet Paleo

Apa yang ada di pikiran Anda jika mengingat film The Croods? Yap! Manusia gua. Film ini mengangkat cerita tentang keluarga manusia gua pada zaman primitif. Siapa sangka ketenaran filmnya pun diikuti pula kepopuleran diet ala manusia gua atau yang disebut Diet Paleo, singkatan dari Paleolitik.Diet paleo punya aturan yang sangat sederhana: jika manusia gua tidak memakannya, maka Anda pun tidak. Yang perlu dilakukan adalah menyingkirkan beberapa jenis makanan seperti gula, susu, biji-bijian, dan tepung lalu menggantinya dengan daging, ikan, sayur, dan buah. Menitikberatkan pada asupan protein dan nutrisi, diet paleo bertujuan untuk mengurangi berat badan serta mengurangi risiko menderita penyakit.
Banyak jenis diet praktis dan sehat, namun jika Anda tertarik mencoba diet manusia gua ini, berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Buah dan Sayur
Sebaiknya Anda menambah jumlah makan buah dan sayur dan menjadikannya sebagai menu utama bahkan cemilan. Dua jenis makanan ini banyak mengandung kadar gizi, nutrisi, vitamin, dan antioxidant yang diperlukan tubuh untuk meregenerasi sel-sel baru sehingga membuat Anda selalu terlihat awet muda.

2. Daging dan Makanan Laut
Sumber utama protein pada diet paleo adalah konsumsi daging dan makanan laut. Daging yang dimakan pun tidak sembarangan. Pilih daging dari hewan yang diternakkan di peternakan terpercaya karena hal ini mempengaruhi kualitas daging. Diet paleo ini membutuhkan daging rendah lemak.

3. Hindari Makanan Olahan
Makanan olahan pabrik seperti permen, roti, pasta, dan sereal harus Anda hindari jauh-jauh. Yang perlu Anda pikirkan adalah memakan apa yang dimakan manusia gua. Anda dapat mencari daging-dagingan di toko atau memotong hewan ternak sendiri lalu memakannya. Intinya adalah makan apa yang Anda buru seperti manusia gua berburu makanan, bukan apa yang diolah pabrik.

4. Penderita Penyakit
Diet paleo cocok bagi Anda yang menderita penyakit tertentu. Biasanya penderita sebuah penyakit memiliki pantangan dalam memilih makanan. Pilihan makanan pada diet paleo yang terbatas pada sumber protein dan vitamin akan sangat membantu. Terlebih lagi, diet ini baik bagi mereka yang ingin menghindari penyakit gluten, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Vegetarian
Bagi vegetarian atau Anda yang hanya makan sayur-mayur, diet ini merupakan diet versi lebih bersih. Konsumsi protein hewani sendiri tidak akan berdampak buruk bagi pola diet sayur Anda.
Meski diet ini menunjukkan perubahan drastis pada berat badan dan kesehatan, ada baiknya jika Anda tetap berkonsultasi pada ahli atau melakukan percobaan selama beberapa pekan. Jika diet ini menunjukkan kemajuan positif maka diet paleo memang pantas untuk Anda.



★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar