Senin, 19 Desember 2016

Cara Hidup Sehat dengan 10 Makanan Rendah Kalori

Makanan yang mengandung banyak kalori dapat menyebabkan kegemukan dan timbulnya berbagai penyakit pada tubuh kita seperti tekanan darah tinggi, jantung, diabetes, kolesterol, dll. Kalori banyak ditemukan di makanan sehari-hari seperti nasi, kentang, dll.Karena itu pilihan makanan yang rendah kalori merupakan suatu keharusan agar badan kita sehat dan tidak mudah terkena penyakit. Tentunya juga cocok bagi yang ingin menguruskan badan atau dalam program diet. Makanan yang rendah kalori ini bisa dikonsumsi sebagai camilan sehingga tidak akan menambah berat badan kita.
Lalu apa saja camilan yang rendah kalori ini? Yuk kita lihat sama-sama 10 jenis diantaranya.

1. Raspberry
Buah berwarna merah keungu-unguan dari jenis berry ini, memang jarang ditemukan di negara tropis seperti Indonesia. Buah khas daerah dingin ini ternyata mengandung kalori yang rendah, sehingga disarankan untuk dikonsumsi sebagai camilan sehat.

2. Yoghurt
Kita sudah mengenal yoghurt sebagai makanan yang memiliki banyak kelebihan dan berguna bagi kesehatan. Berbahan dasar dari susu asam, yoghurt plain tidak cocok bagi kita yang berpenyakit maag atau tukak lambung. Yoghurt juga sering dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan. Ternyata makanan jenis ini mengandung kalori yang rendah, terutama yoghurt strawberry.

3. Edamame
Makanan jenis kacang-kacangan berasal dari Jepang ini, populer di Indonesia bersamaan dengan mulai menjamurnya restoran makanan khas Jepang. Edamame biasa dikonsumsi sebagai kudapan sebelum makan utama seperti sushi, sashimi atau udon. Warnanya yang hijau, seperti buncis, namun dengan tekstur agak sedikit berbulu dan rasa yang manis, membuat kacang ini digemari para pecinta makanan Jepang. Ternyata kacang ini memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan jenis kacang lainnya.

4. Jelly
Siapa sangka makanan manis berbentuk gel yang biasa dikonsumsi anak-anak ini memiliki kandungan kalori rendah? Apabila kita ingin tubuh yang lebih ramping dengan mengkonsumsi makanan rendah kalori, jajanan jenis jelly ini bisa dikonsumsi. Tapi tentunya kita juga harus memperhatikan bahan lain yang terkandung di dalam jelly seperti pengawet, pewarna dan pemanis buatan, yang mengandung kalori tinggi. Jadi konsumsilah jelly yang bebas dari pengawet, pewarna dan pemanis buatan ya.

5. Popcorn
Nah kalau makanan ini pasti semua sudah tahu, apalagi bagi penggemar film. Ya, popcorn, makanan dari jagung berukuran kecil yang sering dijual di bioskop untuk menemani nonton film ini, ternyata mengandung kalori yang rendah dibandingkan jagung lain.

6. Air Kelapa
Selama ini kita hanya tahu bahwa air kelapa enak diminum pada waktu cuaca panas dan kehausan. Ternyata air kelapa ini mengandung kalori yang rendah lho! Tidak hanya rendah kalori, air kelapa juga rendah karbohidrat dan gula. Sekitar 175 ml air kelapa mengandung 100  gr kalori. Hebatnya lagi, air kelapa ini mengandung senyawa organik yang berfungsi untuk menstabilkan suhu tubuh dan menghindarkan tubuh dari dehidrasi.

7. Apel
Suka sekali makan apel? Nah apel itu merupakan salah satu buah yang rendah kalori. Buah ini biasa dikonsumsi sebagai makanan bagi orang yang berdiet. Selain mengandung rendah kalori, buah ini juga mengandung vitamin, terutama vitamin C dan K. Buah lain yang rendah kalori yaitu semangka, strawberry, jeruk dan tomat.

8. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti brokoli, sawi, kangkung, selada atau bayam mengandung rendah kalori. Tidak hanya rendah kalori, sayuran berwana hijau ini juga sangat bergizi bagi kesehatan tubuh kita. Untuk mengoptimalkan gizi yang ada di sayuran ini, sebaiknya dimasak dengan direbus atau dibuat sayur kuah dengan bumbu yang minimalis yaitu sedikit garam dan gula, tanpa bahan perasa lainnya.

9. Acar
Siapa sangka makanan yang sering kita jumpai pada resepsi pernikahan ini mengandung kalori yang rendah? Ya, acar. Makanan ini hanya mengandung 17 kalori lho. Tapi tentunya jangan terlalu banyak makan acar juga, dan bagi yang memiliki riwayat penyakit maag atau radang lambung, sebaiknya menghindari mengkonsumsi jenis makanan ini.

10. Biji-bijian
Makanan jenis biji-bijian seperti gandum, beras merah dan barley juga mengandung kalori yang rendah. Tapi hindari jenis biji-bijian didalam roti, pasta dan sereal. Karena biji-bijian jenis ini tidak rendah kalori dan banyak mengandung gula.

Jadi, itulah 10 jenis makanan yang mengandung kalori rendah, tidak sulit bukan ditemukannya? Tunggu apalagi, yuk kita konsumsi makanan rendah kalori untuk tubuh lebih sehat.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare, Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar