Rabu, 09 November 2016

Obat hipertensi jauh lebih efektif dikonsumsi malam hari

Meminum obat hipertensi di malam hari dapat menurunkan tekanan darah secara lebih efektif dan menurunkan risiko diabetes secara signifikan. Dilansir dari New York Times, penelitian dari Universitas Vigo di Spanyol mendapatkan kesimpulan demikian.
Penelitian tersebut menggunakan 2.012 pria dan wanita yang memiliki tekanan darah tinggi. Usia rata-rata partisipan adalah 53 tahun dan mereka tidak memiliki riwayat diabetes. Partisipan dibagi dua secara acak. Separuh meminum obat hipertensi di malam hari, dan sisanya meminumnya di pagi hari.

Penelitian tersebut dilakukan selama enam tahun dan didapati bahwa 171 partisipan menderita diabetes. Dari penelitian tersebut diketahui juga bahwa partisipan yang meminum obatnya sebelum tidur memiliki kemungkinan menderita diabetes sebanyak 57 persen lebih rendah. meminum obat di malam hari juga menunjukkan penurunan angka tekanan darah di malam hari secara besar.

Menurut profesor Ramon C. Hermida selaku peneliti, sebaiknya kini pasien penderita hipertensi mengonsumsi obat mereka di malam hari. Akan tetapi dia juga menambahkan bahwa sebaiknya sebelum mengubah pola pengobatan, mereka berkonsultasi dulu dengan dokter.

0 komentar:

Posting Komentar