Minggu, 30 Oktober 2016

MENGHILANGKAN BEKAS LUKA DI WAJAH SECARA ALAMI

Bekas luka adalah hal yang sangat mengganggu, terutama mengganggu penampilan, apalagi jika terjadi pada wajah. Tentunya Anda ingin buru-buru mengusir bekas luka pada kulit wajah Anda, bukan? Jika khawatir dengan penggunaan obat kimia, ini dia cara alaminya.
1. Madu
Madu ternyata efektif dalam menghilangkan bekas luka pada wajah Anda, lho. Madu memilik kandungan tertentu yang dapat mempercantik diri Anda, salah satunya dengan membantu proses regenerasi kulit sehingga bekas luka dapat hilang. Bahkan jika dikonsumsi, madu juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Madu juga dapat mengurangi rasa nyeri yang disebabkan luka, mendinginkan kulit, serta membantu menghilangkan bekas lukanya. Jadi Anda bisa melakukan perawatan luka dengan madu hingga tuntas. Caranya sangat mudah, cukup oleskan madu pada bagian bekas luka di wajah, lalu diamkan saja hingga 20 atau 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan dengan madu ini beberapa kali sehari.

2. Lidah Buaya
Cara yang kedua untuk menghilangkan bekas luka pada wajah secara alami adalah menggunakan lidah buaya. Tanaman hijau berduri ini mengandung lignin serta asam amino yang cukup tinggi untuk membantu proses regenerasi sel kulit, sehingga bekas luka pada wajah dapat pelan-pelan menghilang. Lidah buaya juga memiliki sifat anti inflamasi sehingga dapat mengurangi iritasi atau peradangan pada luka. Caranya mudah, cukup oleskan lendir lidah buaya pada bekas luka di wajah, dan biarkan hingga beberapa menit lalu bilas bersih. Ingat ya, jangan sampai lendir tersebut mengenai bagian kulit lainnya, karena bisa terasa sangat gatal, lho.

3. Teh Hijau
Selain enak untuk menemani sore hari Anda, teh hijau juga memiliki manfaat lain yaitu untuk menghilangkan bekas luka pada wajah Anda. Teh hijau yang kaya akan anti oksidan ini bahkan memiliki anti oksidan yang lebih baik hingga 200x lipat dari yang dimiliki oleh vitamin E. Wow! Selain itu, teh hijau sudah teruji untuk mengurangi iritasi atau peradangan pada kulit, menghambat aktivitas hormon penyebab jerawat, serta mengontrol produksi sebum berlebihan pada wajah. Banyak juga ya bonusnya? Nah, untuk melakukan perawatan dengan teh hijau, pertama-tama bersihkan bekas luka Anda. Kemudian, siapkan seduhan teh hijau yang sudah dingin, lalu usapkan teh hijau pada bekas luka dengan kapas atau handuk kecil sehingga bekerja seperti toner. Lakukan cara ini secara rutin tiap harinya, ya!

4. Mentimun
Anda mungkin sering menjumpai sayuran ini pada piring lalapan Anda. Nah, selain untuk lalapan, sayuran bewarna hijau ini dapat Anda gunakan sebagai salah satu cara menghilangkan bekas luka secara alami. Mentimun memiliki kandungan potassium serta vitamin C yang dapat membantu kulit dalam proses regenerasi, sehingga bekas luka bisa menghilang secara berangsur-angsur. Mentimun yang mengandung silika ini juga dapat merangsang produksi kolagen sehingga kulit tetap elastis dan terhindar dari keriput. Untuk menggunakan mentimun sebagai penghilang bekas luka, siapkan 1 buah mentimun, lalu kupas kulitnya, dan haluskan dengan blender. Setelah halus, balurkan mentimun di bagian kulit wajah yang terkena bekas luka. Diamkan saja hingga semalam, lalu bilas hingga bersih di pagi hari. Lakukan perawatan ini secara rutin hingga mendapatkan hasil yang optimal.

5. Daun Pare
Rasanya memang pahit, namun tidak bagi kulit wajah Anda. Daun pare bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan bekas luka pada kulit wajah. Caranya adalah dengan menggunakan daun pare sebagai masker untuk wajah. Pertama, cuci segenggam saja daun pare segar, kemudian remas-remas daun pare hingga halus. Lalu, tambahkan air panas pada daun dan peras lagi. Sisihkan air perasan dari daun pare, kemudian tambahkan 2 sdm tepung beras, dan aduk hingga memiliki tekstur seperti lotion. Oleskan masker daun pare ini pada bekas luka, biarkan hingga kering kemudian bilas hingga bersih.

Nah, jika Anda takut untuk menggunakan obat kimia penghilang bekas luka yang dapat menyebabkan iritasi, cukup lakukan salah satu langkah di atas, ya! Semoga bekas lukanya cepat hilang!

0 komentar:

Posting Komentar