Sabtu, 08 Oktober 2016

Lawan Flu dengan Makanan Ini

Take an apple a day to keep the doctor away. Nyatanya, kita tidak hanya perlu apel untuk terbebas dari risiko penyakit. Sistem kekebalan tubuh dibangun dari berbagai nutrisi makanan yang kita makan begitu pula gaya hidup yang sehat. Musim hujan serta musim pancaroba dimana flu mudah sekali menyerang, sepertinya kita butuh pencegahan agar masalah batuk dan hidung tersumbat tidak mengganggu aktivitas kita. Tahukah Anda makanan berikut ini bisa jadi andalan untuk menangkal serangan virus penyebab flu?
1. Yogurt
Probiotik yang ditemukan pada yogurt adalah bakteri baik yang dapat melindungi usus dan saluran pencernaan dari kuman penyebab penyakit. Dalam penelitian yang dilakukan di Austria, hasil menunjukkan bahwa konsumsi 7 ons per hari sama efektifnya dengan minum suplemen penambah imun tubuh. Tunggu apa lagi? Yogurt nikmat untuk disantap, terlebih bila ditambah topping buah-buahan yang segar. Manfaat peningkatan sistem imun tubuh puh bertambah berkali lipat.

2. Bawang Putih
Keluarga tanaman bawang ini mempunyai bahan aktif allicin di dalamnya yang berguna melawan bakteri dan infeksi. Sebagai bumbu masakan, sepertinya sangat mudah untuk mengonsumsi bawang putih ini. Tapi waspadalah jika makan makanan yang punya cita rasa bawang putih yang kuat, bisa-bisa nafas menjadi bau bawang putih.

3. Kerang-kerangan
Pecinta seafood boleh senang karena makanan laut ini bisa mencegah flu. Selenium sangat banyak ditemukan pada keluarga bert seperti tiram, lobster, kepiting, dan remis. Selenium diperlukan tubuh untuk membantu sel darah putih memproduksi cytokine, yakni protein yang dapat menendang keluar virus flu dari tubuh.

4. Sup Ayam
Gejala pilek merupakan respon terhadap penumpukan sel di tabung bronkial. Asam amino sistein yang dihasilkan dari daging ayam selama pemasakan sup merupakan senyawa sistein yang dapat menjadi penyembuh radang cabang tenggorokan. Kuah sup ayam juga baik untuk mengencerkan lendir di tenggorokan yang biasa menjadi gejala flu.

5. Teh
Pada the hitam maupun hijau, kandungan asam aminonya, yaitu L-theanine bekerja membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Maka minum beberapa cangkir teh per hari yang terdapat antioksidan di dalamnya dapat melawan virus flu pergi dari tubuh.

6. Daging Sapi
Daging sapi kaya akan zinc dimana zinc digunakan tubuh untuk perkembangan sel darah putih. Sel darah putih inilah yang bertugas melawan berbagai macam serangan infeksi seperti bakteri dan virus. Bila Anda tidak suka daging sapi, Anda bisa menggantinya dengan bahan makanan lain yang tinggi sumber zinc, antara lain kerang, daging unggas, yogurt, atau susu.

7. Jamur
Dari dulu, orang sudah mengonsumsi jamur sebagai makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan jamur bisa merangsang produksi dan kinerja sel darah putih sehingga tubuh lebih dapat melawan invasi berbagai infeksi. Para ahli menyarankan konsumsi jamur ¼ sampai 1 ons beberapa kali dalam sehari untuk dapatkan manfaat kekbalan tubuh.

0 komentar:

Posting Komentar