Rabu, 05 Oktober 2016

Cara Memilih Kosmetik untuk Wajah Berjerawat

Mempunyai wajah berminyak dan cenderung mudah berjerawat memang menantang. Wajah berminyak mempunyai pori-pori wajah yang lebar sehingga menimbulkan kelebihan minyak dan akhirnya menyumbat pori menghasilkan jerawat.

Beberapa hal harus diperhatikan dengan sungguh-sungguh untuk mencegah munculnya jerawat, salah satunya kosmetik. Sebagai wanita, makeup adalah hal yang tidak bisa dipisahkan. Dari sekian banyak kosmetik yang ada di pasaran, pasti kita pernah bingung memilih kosmetik yang tepat untuk jenis kulit, khususnya untuk wajah berjerawat. Sebenarnya apa saja yang perlu kita perhatikan dalam memilih kosmetik untuk wajah berjerawat? Dan produk seperti apa yang harus kita percaya?

1. Foundation
Untuk riasan dasar wajah berjerawat, daripada memilih foundation cair, lebih baik jatuhkan pilihan Anda pada foundation berbahan dasar mineral. Meskipun formulanya ringan dan kurang menutup wajah, tapi foundation mineral tidak akan menyumbat pori-pori wajah dan menimbulkan jerawat. Biasanya foundation mineral mengandung komposisi bahan seperti silika, titanium dioxide, dan zinc oxide yang dapat menyerap kelebihan minyak serta menutup kemerahan wajah akibat jerawat.

Dari sekian banyak foundation, pilihlah foundation dengan label oil-free dan non-comedogenic yang tidak membuat wajah berjerawat Anda memburuk. Merk yang bisa Anda coba untuk merawat wajah berjerawat saat memakai makeup antara lain Neutrogena SkinClearing Foundation yang bebas minyak dan mengandung salicylic acid, Make Up For Ever Mat Velvet Foundation dengan bebas minyak yang menawarkan hasil matte, Estée Lauder Double Wear Foundation mengandung bahan yang tidak membuat Anda berjerawat tapi mampu menutup wajah lebih lama, Clinique Acne Solution Liquid Make-Up mengandung formula anti jerawat dan dapat menutupi kekurangan dan kemerahan wajah, E.L.F Acne Fighting Foundation yang berharga terjangkau tapi memiliki kandungan salicylic acid, tea tree, camphor, dan lidah buaya untuk melawan jerawat, dan Lancôme Rénergie Lift jika Anda ingin sedikit sentuhan wajah sehat bercahaya.

2. Concealer
Concealer adalah kosmetik yang tepat untuk menutupi jerawat yang ada pada wajah. Namun, pemilihan concealer harus sesuai. Bila tidak, nantinya justru concealer akan semakin menyumbat pori wajah dan menimbulkan lebih banyak jerawat. Salah satu hal yang perlu diperhatikan dalam memilih concealer untuk wajah berjerawat adalah formula yang juga berfungsi menyembuhkan jerawat. Dengan begitu, jerawat tertutup sekaligus disembuhkan.

Merk dengan fungsi ganda menutup sekaligus mengobati jerawat dapat ditemukan pada Neutrogena SkinClearing Blemish Concealer yang mempunyai bahan aktif salicylic acid untuk membasmi bakteri penyebab jerawat, Murad Blemish Treatment Concealer mengandung salicylic acid, vitamin A, dan ekstrak teh hijau yang mampu menangkal radikal bebas, Dermalogica Concealing Spot Treatment dengan kandungan sulfur dan zinc oxide yang efektif melawan jerawat, dan banyak lagi lainnya yang diformulasikan khusus wajah berminyak dan berjerawat.

3. Bedak
Bedak adalah kosmetik yang wajib ada di dalam tas Anda dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Berulang kali memakai bedak dalam sehari bisa membuat wajah menjadi kaku sehingga menyumbat pori dan memunculkan reaksi ngilu akan keluarnya jerawat. Sebaiknya pilih bedak yang memang diformulasikan untuk wajah berjerawat seperti Neutrogena SkinClearing Mineral Powder yang dapat mengontrol kelebihan minyak dan kandungan salicylic acid yang dapat mencegah jerawat muncul. Maybelline Dream Matte Powder menawarkan hasil yang ringan dengan kemampuan melawan minyak berlebih wajah.

Meski beberapa produk adalah merk kelas atas yang harganya cukup mahal, namun fungsi serta kandungan yang ampuh merawat wajah berjerawat sesuai dengan harganya. Tidak ada salahnya menginvestasikan uang Anda pada produk terpercaya dalam mempercantik sekaligus menjaga wajah berjerawat Anda.

0 komentar:

Posting Komentar