Rabu, 05 Oktober 2016

8 Makanan yang Bisa Menjaga Kulit Tetap Muda

Setelah tahu cara mencegah dan memperlambat penuaan serta mengetahui produk yang bagus untuk melawan tanda-tanda penuaan, kini saatnya membahas makanan yang dapat mendukung kulit tetap muda.

Makanan yang kita makan secara langsung memberi efek pada kulit.

Jadi, amat penting dalam memilih makanan yang sehat serta punya banyak manfaat untuk tubuh.
Anda ingin selalu awet muda? Banyaklah makanan berikut ini.

1. Paprika Merah
Sayuran yang mempunyai warna merah terang cantik ini ternyata baik untuk kulit. Kandungan vitamin C di dalamnya berguna melawan keriput. Bahkan setengah iris paprika sudah memberi lebih dari 100% asupan vitamin C yang diperlukan tubuh. Vitamin C akan merangsang produksi kolagen yang membuat kulit tetap kencang dan elastis.

2. Blueberry
Radikal bebas yang ditimbulkan oleh polusi, sinar matahari, dan lingkungan yang tidak sehat bisa sangat berbahaya bagi kulit. Jika tidak dilawan, radikal bebas merusak sel-sel kulit dan membuat kulit menjadi cepat keriput. Tubuh membutuhkan antioksidan untuk menangkal radikal bebas tersebut. Salah satu sumber antioksidan yang tinggi adalah buah blueberry. Buah ini efektif dalam memperlambat proses penuaan kulit.

3. Salmon
Ikan salmon sangat baik untuk kesehatan kulit. Asam lemak omega-3 di dalam ikan salmon mengandung asam alpha-linolenic yang berguna mengurangi kulit kering dan menjaga kulit tetap lembut, mulus, dan kenyal. Ikan berlemak seperti salmon juga dapat mengurangi inflamasi dan membantu mengatasi masalah kulit seperti psoriasis.

4. Alpukat
Alpukat dipenuhi dengan vitamin E yang bekerja untuk melembabkan kulit. Tidak hanya mengatasi masalah kulit kering, faktanya alpukat juga bisa bekerja sebagai antioksidan yang melawan radikal bebas dan melindungi kulit dari sinar UV. Jus alpukat atau omelet telur dan alpukat? Hmm… yummy!

5. Bawang
Tidak hanya berguna sebagai bumbu masakan, bawang juga kaya akan quercetin, yaitu antioksidan yang melindungi dari keriput. Penelitian menunjukkan bawang merah melindungi kulit dari sinar UVB. Jadi, banyak-banyaklah memakai bawang pada menu makanan sehari-hari.

6. Ubi Jalar
Warna orange terang pada daging buah ubi jalar menunjukkan adanya beta karoten yang dapat menghasilkan vitamin A. Vitamin A meningkatkan pergantian sel dan integritas kulit. Bahkan vitamin A buatan, yaitu retinoid, yang sering dijumpai pada produk perawatan wajah juga baik untuk kesehatan kulit. Ubi jalar bisa menjadi pilihan makanan pengganti nasi bila Anda suka.

7. Delima
Dipenuhi dengan kandungan vitamin C, buah delima memiliki lebih banyak antioksidan bila dibanding dengan minuman anggur merah dan teh hijau. Buah berwarna merah ini akan menjaga kulit tetap sehat bercahaya tanpa adanya keriput. Lebih hebatnya, delima juga mengurangi risiko kanker kulit.

8. Gandum
Gandum mengandung polifenol dan karotenoid yang dapat melawan proses penuaan. Jika Anda makan sereal gandum, pilihlah susu kedelai daripada susu sapi biasa. Ini karena susu kedelai mengandung isoflavon yang memberi manfaat dalam memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan.

0 komentar:

Posting Komentar