Kamis, 15 September 2016

Ingin kuat berolahraga? Konsumsi cokelat hitam tiap hari!


Kita sudah banyak mengetahui kalau cokelat adalah kudapan yang enak dan punya banyak manfaat kesehatan; mulai dari memperbaiki mood hingga mereduksi resiko stroke. Penelitian terbaru pun menambah panjang daftar manfaat dari cokelat terutama dark chocolate, jika kamu hobi berolahraga.

Dilansir dari The Huffington Post, sebuah studi yang dipublikasikan di Journal of the International Society of Sports Medicine, menemukan bahwa asupan dark chocolate atau cokelat hitam per hari dapat mendorong ketahanan atlet bersepeda.

Para peneliti dari Kingston University di Inggris, meneliti 9 orang atlet sepeda yang per hari diberi 140 gram dark chocolate selama dua minggu. Pesepeda tersebut diinstruksikan untuk mengurangi juga kalori makan normal mereka, agar tidak bertambah berat badan.

Beberapa dari mereka, diberi cokelat putih, dan beberapa yang lain diberi dark chocolate.

Para peneliti menemukan bahwa pesepeda yang memakan dark chocolate selama ua minggu, performanya jauh lebih baik ketika tes fisik. Mereka jauh lebih cepat dan lebih lama dalam melakukan tes fisik, selain itu ketika tes lari cepat, mereka jauh lebih cepat dan lebih jauh jaraknya.

Meski performa ini tak berbeda jauh dari performa normalnya, penemuan ini menunjukkan bahwa jika ingin menambah ketahanan, kita harus mengganti bentuk camilan apapun dengan dark chocolate.

Menurut peneliti, hal ini terjadi berkat salah satu senyawa dalam cokelat, yakni flavanol. Senyawa ini mampu meningkatkan 'nitric oxide', yang dapat meningkatkan aliran darah namun mencegah tekanan darah yang meninggi. Flavanol juga mampu mengurangi rasa sakit yang di derita ketika berolahraga.

Dalam riset sebelumnya, para pecinta cokelat akan mendapatkan berbagai macam manfaat dari kudapan berasa pahit tersebut: menurunkan tekanan darah, mempercantik kulit, dan yang paling populer, menurunkan level stress.

0 komentar:

Posting Komentar