Senin, 03 Juli 2017

LIBURAN SELESAI, INI TIPS AGAR TAK STRES DI HARI PERTAMA KERJA

Setelah sepekan libur panjang untuk berlebaran di kampung halaman, kini saatnya kembali bekerja. Perubahan ritme di hari pertama, tak jarang bisa memicu stres jika tidak diantisipasi dengan baik.

Stres di hari pertama kerja, oleh para pakar kesehatan sering disebut sebagai vacation blues. Bukan istilah resmi di dunia medis memang, tetapi cukup menggambarkan kondisi yang dialami banyak orang.

Sebenarnya, stres setelah liburan adalah sebuah ironi mengingat tujuan berlibur pada umumnya adalah untuk refreshing. Seharusnya, tubuh dan pikiran kembali segar setelah terbebas dari rutinitas pekerjaan untuk beberapa saat.

Agar stres tidak merusak efek liburan, ada beberapa tips yang bisa diikuti. Di antaranya sebagai berikut, seperti dirangkum dari berbagai sumber.

➡ 1. Datang lebih awal
Hari pertama kerja setelah libur panjang, sangat dianjurkan untuk datang lebih awal. Tujuannya adalah memberi waktu untuk menyesuaikan diri dengan ritme pekerjaan, sebelum kembali disibukkan dengan berbagai urusan. Belum lagi untuk berbasa-basi dengan rekan kerja, yang pasti akan menanyakan kabar dan oleh-oleh sepulang liburan.

➡ 2. Hindari dulu kegiatan yang super serius
Meeting untuk urusan yang sangat penting, sebaiknya tidak dijadwalkan pada hari pertama kerja. Selain masih dalam tahap adaptasi, juga karena ada berbagai hal yang perlu dicek di hari pertama. Mengecek inbox surat elektronik yang sudah sepekan tidak dibuka misalnya, sebaiknya lebih diprioritaskan.

➡ 3. Susun prioritas
Sepekan ditinggal berlibur, pasti ada banyak urusan yang menumpuk untuk diselesaikan. Menyelesaikannya satu persatu berdasarkan urutan prioritas, akan membuatnya jauh lebih mudah.

➡ 4. Jangan lupa pulang tepat waktu
Adalah mustahil menyelesaikan pekerjaan yang sudah menumpuk selama sepekan, hanya dalam satu hari. Jika ada yang belum bisa diselesaikan, tidak perlu dipaksakan asalkan sudah dikerjakan sesuai urutan prioritas. Kalaupun ada yang perlu ditunda hingga esok hari, seharusnya tidak masalah asal yang penting-penting sudah lebih dulu dikerjakan.

0 komentar:

Posting Komentar