Selasa, 13 Juni 2017

Ada Banyak Jenisnya, Kenali Leukemia yang Membunuh Suami Ririn Ekawati

Leukemia (yang sering salah tulis leukimia) adalah sebutan untuk salah satu jenis penyakit kanker darah dan bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi baru lahir, orang dewasa, hingga lansia. Suami dari artis Ririn Ekawati, Ferry Wijaya, misalnya adalah salah satu korban dari keganasan penyakit ini.

Sponsor: Jasa Pembuatan Fanpage

Terkait hal tersebut tahukah Anda bahwa leukemia ini bisa ada beberapa jenis. Tiap jenis leukemia dibedakan dari tingkat keparahannya dan di mana lokasi kanker terjadi.

Secara garis besar leukemia terbagi menjadi acute lymphoblastic leukemia (ALL), acute myeloid leukemia (AML), chronic lymphocytic leukemia (CLL), dan terakhir chronic myeloid leukemia (CML). Apa saja bedanya? Simak penjelasan berikut:

1. ALL

Acute lymphoblastic leukemia terjadi ketika sel darah putih yang abnormal terbentuk dan menyebar di sumsum tulang. Perjalanan penyakitnya sangat cepat dengan sel darah putih yang abnormal ini masuk ke aliran darah dan menyebar di organ lain.

Rata-rata kasus ALL banyak terjadi pada anak-anak di bawah usia 15 tahun. Namun demikian diketahui juga bisa terjadi pada orang dewasa meski jarang.

2. AML

Acute myeloid leukemia juga merupakan penyakit leukemia yang terjadi di sumsum tulang dan menyebar dengan cepat. Hanya saja pada AML tulang tidak hanya membuat sel darah putih yang abnormal tetapi juga sel darah merah abnormal dan platelet darah abnormal.

Jumlah sel-sel abnormal tersebut dengan cepat akan mengalahkan jumlah sel darah yang normal. Ketika sel darah yang normal sudah lebih sedikit dari sel abnormal maka tubuh pun akan mengalami gangguan.

3. CML

Chronic myeloid leukemia adalah jenis leukemia yang awalnya tumbuh dengan lambat memengaruhi sel sumsum tulang yang memproduksi darah lalu kemudian menyebar ke darah itu sendiri. Perlahan sel kanker dari darah akan menyebar ke tempat lain sehingga yang tadinya perjalanan penyakit itu lambat kemudian bisa berubah jadi ganas.

Berbeda dari jenis leukemia yang lain, CML diketahui berkaitan dengan kromosom abnormal bernama kromosom Philadelphia.

4. CLL

Chronic lymphocytic leukemia juga termasuk jenis leukemia yang tumbuh dengan lambat diawali pada bagian limfosit sumsum tulang. Dari sana sel kanker akan meluas hingga bisa memengaruhi darah lalu menyebar ke tempat lain seperti hati dan limpa.

CLL butuh waktu bertahun-tahun untuk berkembang sampai bisa menjadi ancaman serius.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel DariTipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

★★★
Official Resmi Blog kami :
{https://tipsperawatankecantikandankesehatan.blogspot.co.id/}

★★★
Ingin Konsultasi Atau Beriklan di Portal Berita Kami? Cukup Click Link berikut ini (http://m.me/Tipsperawatankecantikandankesehatan)

0 komentar:

Posting Komentar