Rabu, 08 Maret 2017

Cara Menjernihkan Air Kotor Tanpa Zat Kimia

Sejumlah wilayah di Indonesia saat ini tengah mengalami bencana banjir. Selain merendam rumah-rumah milik warga, bencana banjir ini juga mengakibatkan warga kesulitan mendapatkan pasokan air bersih.Air banjir yang kotor bisa mengakibatkan sejumlah penyakit. Namun, karena tidak adanya pasokan air bersih beberapa warga pun terpaksa mencuci dan mandi menggunakan air banjir tersebut. Adakah cara untuk menjernihkan air yang kotor?
Menurut Tutor Mobil Hijau Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Findryaningsih Fiona, sebebarnya ada cara sederhana yang bisa digunakan untuk menjernihkan air tanpa bahan kimia. Penjernihan air kotor ini bisa dilakukan dengan cara disaring.
Berikut cara sederhana menjernihkan air:

Media Penyaring:

1. Pasir
Menurut Findry, pasir yang bisa digunakan untuk menyaring air adalah yang berukuran 0,2-0,8 mm. Pasir ini digunakan untuk menyaring padatab. Ganti pasir jika air saringan sudah tidak jernih lagi.

2. Arang batok kelapa
Arang yang bisa digunakan untuk menyaring air adalah yang ukuran diameternya 0,1 mm atau berbentuk bubuk. Arang ini bisa mengurangi warna dan bau. Ganti arang, jika air saringan sudah tidak jernih lagi.

3. Penyaring lainnya
Kerikil, ijuk, dan batu juga bisa dijadikan alat penyaring air. Sementara kapur, tawas, dan akporit (penggumpal koagulan) akan membantu menggumpalkan kimia pencemar menjadi endapan.

Pembuatan media penyaring air:
- Siapkan tiga wadah penampung air (wadah ke-2 bentuk tabung). Letakkan batu kerikil (yang sudah dibersihkan) di dalam wadah pertama yang sudah diberi lubang di tengah-tengahnya.

- Masukkan batu ke dasar wadah ke-2, tambahkan batu kerikil, arang tempurung kelapa, pasir halus, ijuk, pasir halus, dan tambah ijuk lagi, susun saling bertumpukan. Sebelumnya, wadah sudah dilubangi di bawahnya. (Ketebalan masing-masing lapisan disesuaikan dengan besarnya wadah penyaring).

- Wadah ke-3 digunakan untuk menampung air hasil saringan.

Itulah cara mudah menjernihkan air kotor dengan media penyaring dari alam. Jangan lupa untuk membersihkan atau mengganti media penyaring jika air hasil saringan sudah tidak jernih lagi. Semoga bermanfaat!

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

★★★
Mau belanja aman dan terpercaya untuk produk kosmetik wajah dengan Kualitas terbaik?
Disini tempatnya...!

TokoPedia (https://www.tokopedia.com/drrochelles)
BukaLapak (https://www.bukalapak.com/drrochelleskinexpert01)
Shopee (shopee.co.id/drrochelles)

Kami menyediakan special promo untuk produk Dr Rochelle Skin Expert, Kezia Skin Expert, Gifi Skin Care.

Terima Kasih.

★★★
Ingin Konsultasi Atau Beriklan di Portal Berita Kami? Cukup Click Link berikut ini (http://m.me/PortalBeritaKecantikanGifiskincare)

0 komentar:

Posting Komentar