Rabu, 15 Maret 2017

9 Makanan yang Dapat Melindungi Kulit dari Sinar UV

Poin penting dalam melindungi kulit dari bahaya paparan sinar UV adalah penggunaan sunscreen atau sunblok. Tapi ternyata perlindungan tubuh terhadap sinar UV tidak hanya bisa dilakukan dari luar tapi juga dari dalam. Jadi, ketika kita tersengat sinar matahari, bagian dalam tubuh mencegah terjadinya kerusakan. Inilah pentingnya makanan yang kita konsumsi. Pada sebuah penelitian, diet Mediterania mampu mengurangi risiko kanker kulit dan tanda-tanda penuaan. Sebelum Anda berdiri atau melakukan aktivitas di bawah terik matahari, selain memakai sunscreen, sebaiknya Anda banyak makan makanan berikut ini.
Sponsor: cream pemutih wajah

1. Tomat
Tomat mengandung lycopene dan antioksidan yang terbukti ampuh melindungi kulit dari sengatan sinar matahari dan kerusakan akibat sinar matahari. Tomat merah, semakin merah semakin baik. Tomat yang sudah dimasak lebih mudah diserap tubuh karena proses pemasakan membantu pelepasan lycopene dari tomat. Dijadikan pasta atau saus, tomat baik untuk masuk dalam daftar diet Anda. Tomat makin baik dikonsumsi dengan penambahan lemak seperti minyak zaitun sehingga membantu lycopene lebih terserap tubuh.

2. Biji Labu Kuning
Biji labu kuning bisa dijadikan cemilan sehat bermanfaat bagi kulit. Biji labu kuning kaya akan sumber zinc yang bekerja sebagai antioksidan alami dan anti-inflamasi, melawan radiasi sinar UV, mempercepat penyembuhan luka, dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya berguna melindungi dari sinar UV, biji labu kuning juga ampuh melawan bakteri penyebab jerawat.

3. Teh Hijau
Teh hijau kaya akan polifenol, khususnya catechin, yang dapat membantu menghambat perkembangan kanker dengan cara membatasi aliran darah ke daerah yang terkena kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mencegah kanker kulit non-melanoma. Sementara penelitian lain mengungkapkan orang yang minum satu cangkir teh hijau per hari memiliki risiko rendah melanoma, yaitu jenis kanker kulit yang sangat berbahaya dan bisa mengakibatkan kematian.

4. Minyak Zaitun
Minyak zaitun bisa digunakan sebagai pengganti mentega berlemak atau margarin. Kaya akan lemak omega-3 dengan manfaat antioksidan dan anti-inflamasi, minyak zaitun dapat mengurangi risiko kanker kulit dan melenyapkan tanda-tanda penuaan. Senyawa asam lemak omega-3 ini melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang dihasilkan sinar matahari.

5. Paprika Merah
Vitamin C pada paprika merah membantu pembentukan kolagen dan menhilangkan keriput. Sumber karotenoid yang memberi pigmen merah pada paprika dapat melindungi kulit dari kerusakan sinar matahari seperti eritema. Beta-karoten, yakni tipe lain dari karotenoid, dapat mengurangi reaksi berlebih terhadap sengatan matahari, dengan kata lain paprika merah bekerja sebagai anti-inflamasi.

6. Brokoli
Sayuran dalam keluarga brokoli seperti kangkung dan kembang kol penuh dengan kandungan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas. Sayuran ini tidak hanya mencegah kanker kulit tapi juga kanker organ tubuh lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa kecambah brokoli mengandung sulforaphane yang berhubungan dalam peningkatan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari kanker.

7. Salmon
Sama seperti minyak zaitun, ikan salmon dipenuhi dengan jumlah asam lemak omega-3 yang bagus untuk otak dan kulit. Hal yang sama pun dimiliki ikan tuna dan herring. Ikan-ikan ini merupakan sumber tinggi akan antioksidan dan anti-inflamasi sehingga dapat melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

8. Cokelat Hitam
Flavanoid yang ditemukan pada cokelat hitam mampu meningkatkan kemampuan kulit melindungi diri dari beberapa jenis kerusakan kulit, salah satunya yang disebabkan oleh sinar UV. Terlebih, flavanoid membantu tubuh tetap hidrasi, meningkatkan oksigen, dan memperlancar aliran darah. Tidak ada lagi rasa bersalah makan cokelat karena cokelat hitam nyatanya mempunyai banyak manfaat untuk tubuh.

9. Tanaman Herbal
Daun-daunan herbal segar seperti peterseli, kemangi, sage, dan rosemary paling banyak mempunyai manfaat untuk tubuh. Dipenuhi dengan antioksidan, daun herbal tersebut bekerja sebagai anti-inflamasi dan mencegah kerusakan yang disebabkan kulit terbakar sinar matahari.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

★★★
Mau belanja aman dan terpercaya untuk produk kosmetik wajah dengan Kualitas terbaik?
Disini tempatnya...!

TokoPedia (https://www.tokopedia.com/drrochelles)
BukaLapak (https://www.bukalapak.com/drrochelleskinexpert01)
Shopee (shopee.co.id/drrochelles)

Kami menyediakan special promo untuk produk Dr Rochelle Skin Expert, Kezia Skin Expert, Gifi Skin Care.

Terima Kasih.

★★★
Ingin Konsultasi Atau Beriklan di Portal Berita Kami? Cukup Click Link berikut ini (http://m.me/Tipsperawatankecantikandankesehatan)

0 komentar:

Posting Komentar