Jumat, 10 Februari 2017

5 Manfaat Bangun Pagi Lebih Awal

Rise and shine. Setiap hari kita bangun pagi karena adanya aktivitas yang harus kita lakukan seperti sekolah, kuliah, bekerja, dan lain sebagainya. Lima hari bangun pagi, pasti kita menginginkan setiap Sabtu dan Minggu bisa tidur lebih lama dan bebas bangun siang. Hmm… Sah-sah saja, tapi mungkin kita melewatkan manfaat bangun pagi. Pada hari kerja, bangun lebih awal dari biasanya pun bisa memberi manfaat lebih pada produktivitas kita. Berikut alasan mengapa Anda harus lebih sering bangun pagi lebih awal.
1. Lebih banyak waktu untuk olahraga
Aktivitas harian yang padat mungkin membuat kita tidak punya kesempatan untuk berolahraga. Dengan bangun lebih pagi, Anda bisa menyempatkan waktu minimal 30 menit untuk melakukan latihan otot atau olahraga ringan. Olahraga akan membantu Anda lebih berenergi seharian penuh. Ingat bahwa olahraga sangat penting karena memberi banyak manfaat untuk tubuh sekaligus meningkatkan kesehatan badan.

2. Lebih ceria
Laporan dari jurnal Emotion tahun 2012 menunjukkan bahwa orang yang bangun lebih awal merasa lebih bahagia daripada mereka yang bangun telat. Dengan bangun lebih pagi, Anda dapat melepas stres dengan cara mengurangi waktu terburu-buru saat pagi. Anda bisa melihat perbedaanya jika Anda rutin bangun lebih pagi dari biasanya, Anda akan merasakan adanya dampak positif, yaitu menjadi lebih optimis, kreatif, dan bahagia.

3. Lebih produktif
Jika Anda sering membaca tentang kisah orang-orang sukses, mungkin Anda sudah tahu kunci kesuksesannya. Yap, bangun pagi! Orang yang bangun lebih pagi dapat menjadi lebih proaktif dan percaya diri. Mengapa bangun pagi bisa membuat lebih produktif? Pertama, karena lebih banyak waktu maka lebih sedikit halangan di pagi hari. Kedua, setelah tidur malam, otak Anda siap untuk bekerja dengan maksimal sehingga Anda bisa mengerjakan berbagai tugas dengan baik dan cepat. Ketiga, bangun pagi juga memudahkan Anda mengambil keputusan dan merencanakan target. Terakhir, Anda lebih berenergi untuk melakukan segala hal di siang hari.

4. Makan lebih sehat
Menurut penelitian di Northwestern University tahun 2011, orang yang bangun terlambat mengonsumsi 248 kalori setiap hari, jumlah yang dua kali lipat banyaknya dari makanan cepat saji. Sementara itu, ketika orang bangun pagi, mereka punya waktu untuk sarapan sehingga bisa lebih mengendalikan rasa laparnya saat siang dan tidak membuatnya terdorong untuk banyak makan. Maka dari itu, kalori yang dikonsumsi mereka yang bangun lebih awal sama banyaknya seperti mereka makan sayur dan buah.

5. Meningkatkan kualitas tidur
Bangun pagi lebih awal berarti tidur lebih awal pula. Maka dari itu orang yang biasa bangun pagi mempunya rutinitas tidur yang baik. Menurut banyak ahli, sangat penting membangun kebiasaan yang bisa meningkatkan kualitas tidur karena ini bisa membantu tubuh mengatur “alarm” alami, sehingga tubuh dengan sendirinya mudah untuk tidur dan bangun.
Bagaimana? Apakah Anda termotivasi untuk selalu bangun pagi lebih awal setiap hari? It’s good…

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar