Selasa, 10 Januari 2017

Cara Mencegah Bahaya Kabut Asap

Kabut asap akibat kebakaran hutan masih meluas di wilayah Riau. Bahkan, kabut asap pun mulai menyebar hingga Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang. Aktivitas penerbangan di sejumlah bandara pun terganggu akibat kabut asap ini.
Selain mengganggu aktivitas warga, kabut asap juga bisa membahayakan kesehatan para balita dan juga ibu hamil. Polusi udara yang diakibatkan oleh asap pembakaran hutan ini bisa mengancam balita atau janin menjadi idiot.

Kepala Dinas Kesehatan Riau H Zainal Arifin mengatakan, 53.553 warga Riau dilaporkan mulai terkena berbagai penyakit akibat kabut asap. Sebanyak 46.867 warga di antaranya diketahui terserang penyakit Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA).

Sementara warga lainnya dilaporkan mengalami sakit mata, asma, pneumania (kelelahan), dan penyakit kulit. Kondisi ini diperparah karena kabut asap di wilayah tersebut masih cukup tebal hingga saat ini.

Bagi Anda yang terkena dampak kabut asap akibat pembakaran hutan tersebut sebaiknya waspada. Tetap jaga kesehatan tubuh Anda agar tidak terkena penyakit.

Berikut cara mencegah bahaya kabut asap pembakaran hutan:

1. Hindari atau kurangi aktivitas di luar rumah/gedung, terutama bagi mereka yang mempunyai penyakit jantung dan gangguan penapasan, seperti asma, sakit paru-paru, dan lainnya.

2. Selalu gunakan masker jika pergi ke luar rumah/gedung. Pilih masker yang terbuat dari kain lembut dengan lapisan yang tidak terlalu tipis. Basahi masker dengan sedikit air sebelum digunakan.
Pakai masker hingga menutupi mulut dan hidung.

3. Minum air putih lebih banyak dan lebih sering. Tujuannya untuk membersihkan kabut asap yang telah masuk ke dalam tubuh. Penampungan air minum atau makanan juga harus terlindungi dari polusi kabut asap.

4. Usahakan agar asap tidak masuk ke dalam rumah/gedung atau ruangan tertutup lainnya.

5. Konsumsi makanan yang menyehatkan, seperti buah dan sayur serta istirahat yang cukup. Dengan cara ini tubuh Anda akan tetap kuat dan mampu menangkal penyakit yang disebabkan oleh kabut asap.

Itulah beberapa cara untuk mencegah penyakit yang disebabkan oleh kabut asap. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat untuk Anda. Tetaplah jaga kesehatan keluarga tercinta.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar