Kamis, 15 Desember 2016

Bersin, tak sekedar reaksi hidung gatal biasa

Bersin seringkali kamu alami ketika kamu mengalami pilek dan hidung terasa gatal akibat ingus. Selain itu, alergi udara kotor atau serbuk bunga juga sering membuatmu bersin tak karuan.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, nyatanya bersin tak hanya terjadi karena hidung yang gatal. Berikut adalah beberapa fakta menariknya.

*Tahukah kamu bahwa eksposur matahari bisa menyebabkan bersin? Penelitian membuktikan bahwa sinar matahari dan kadang sinar lampu akan mempengaruhi sistem saraf yang membuatmu jadi mudah bersin.

*Pernahkah kamu memperhatikan bahwa ketika kamu sedang tidur, kamu tidak pernah bersin? Hal ini terjadi karena saat kamu tidur, hampir semua otot di hidung jadi 'lumpuh'.

*Bersin tidak mungkin dilakukan dengan mata yang terbuka. Hal ini dikarenakan saraf di hidung dan mata terhubung. Sehingga kamu akan refleks menutup mata saat sedang bersin.

*Setiap kali bersin, kamu pasti akan mengeluarkan tetesan kecil air yang mengandung bakteri. Itulah sebabnya kamu selalu disarankan untuk menutup hidung atau mulut saat sedang bersin.

*Saat bersin, ternyata detak jantung berhenti sejenak lho. Hal ini terjadi ketika kamu bersin, tekanan darah akan naik secara cepat.

Itulah beberapa fakta unik tentang bersin yang mungkin tidak kamu ketahui sebelumnya. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar