Minggu, 25 Desember 2016

4 strategi untuk membantu teman mengatasi depresi

Menjadi orang yang bijaksana itu memang tidak mudah. Dalam banyak hal, tidak jarang orang memilih menceritakan masalah yang dihadapinya kepada orang lain. Bukan hanya bercerita, mereka terkadang meminta nasihat kepada kamu untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi.
Tetapi, bagaimana jika teman kamu itu memiliki masalah yang sangat berat hingga menyebabkan dirinya depresi? Jika kamu bingung menghadapinya, kamu bisa mencoba 4 strategi ini untuk mengatasinya.

1.Memahami depresinya
Salah satu kesalahpahaman terbesar yang sering dilakukan orang adalah perasaan yang membuat seseorang enggan untuk membicarakannya dengan orang lain. Perasaan tidak hanya memengaruhi orang secara emosional, tetapi juga bisa menguras fisik dan psikologis. Ketidakseimbangan zat kimia yang ada di otak bisa meruntuhkan kekuatan fisik seseorang.

Oleh karena itu, motivasi akan menjadi sesuatu hal yang sangat berharga baginya di saat seperti ini. Pada saat seperti ini, hal yang bisa kamu lakukan untuk dirinya adalah dengan memastikan asupan nutrisi makanan yang cukup dan olahraga. Usahakan untuk tidak membiarkannya menyentuh makanan berkafein apalagi alkohol.

Seringkali orang akan memilih untuk mengonsumsi kafein dan alkohol untuk mengurangi depresinya. Padahal, hal tersebut justru akan membuat dirinya semakin terpuruk. Oleh karena itu, kamu bisa membantunya untuk menghindari hal-hal negatif yang mungkin saja dia lakukan.

2.Mengakui depresinya
Memahami depresi yang dihadapinya memang sangat penting, tetapi membantunya untuk menyelesaikannya adalah yang terpenting. Saat sedang mengalami depresi, seseorang akan sulit untuk berpikiran jernih. Untuk itu, kamu bisa membantu dia untuk memahami kondisinya sendiri. Jangan lakukan secara langsung, tetapi katakan padanya secara perlahan.

Lakukan pendekatan dengan mencari tempat yang nyaman untuk bicara. Pastikan tempat tersebut memberikan kalian ruang pribadi untuk bisa berbicara secara bebas. Pastikan kalian memiliki waktu yang cukup untuk bicara. Saat berbicara dengannya, sebisa mungkin kamu menghindari kata 'depresi'. Kata-kata ini bisa membuatnya semakin terpuruk.

3.Perhatikan diri sendiri
Saat membantu teman kamu yang sedang mengalami depresi, pastikan diri kamu untuk tidak 'tertular'. Ini bukan berarti bahwa depresi adalah virus ataupun penyakit lain yang menular. Hanya saja, karena mengalami depresi yang dialaminya, tidak menutup kemungkinan dia akan melakukan berbagai hal yang akan membuat kamu bingung dan bahkan bisa jadi sesuatu yang memberatkan.

Jika kamu tidak siap, itu justru akan membebani kamu dan akhirnya akan menjadi tekanan buat kamu. Nah, kamu tidak ingin hal itu terjadi, kan? Oleh karena itu, saat kamu memutuskan untuk membantunya, kamu juga harus mempersiapkan diri kamu akan hal-hal tersebut.

4.Libatkan profesional
Mendapatkan bantuan tenaga medis profesional untuk mengatasi depresi adalah langkah yang penting untuk kamu lakukan. Tetapi, tidak semua orang berpikiran terbuka sehingga mau dengan suka rela untuk mengunjungi psikolog. Nah, untuk mengatasi itu, kamu bisa melakukan hal berikut ini.

*Mintalah dia melakukannya untuk kamu atau keluarganya. Yakinkan dia bahwa cara itu akan membuat dirinya lebih tenang.
*Bantu dia untuk membuat janji dengan dokter yang telah disepakati.
*Usahakan untuk menyempatkan diri menjelaskan kondisi teman kamu kepada dokter sebelum dia menemui dokter tersebut. Ini akan membantu dokter untuk memahami situasi lingkungan dari teman kamu tersebut.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar