Kamis, 03 November 2016

Makan banyak telur tidak akan bisa sebabkan bisul

Ada begitu banyak mitos atau kepercayaan yang muncul di masyarakat berkaitan dengan kesehatan. Mitos tersebut bisa jadi adalah hal yang benar, namun juga tidak benar jika belum melalui penelitian yang jelas.
Salah satu mitos yang paling banyak beredar adalah banyak makan telur bisa membuat seseorang mengalami bisul. Benarkah demikian?

Well, sejauh ini belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut. Dari penelitian yang sebelumnya, gejala yang timbul karena makan telur tersebut lebih menunjukkan ke gejala alergi putih telur yang bisa membuat penderitanya sakit kepala, mual, dan munculnya ruam kemerahan di kulit. Selain itu bisul sebenarnya adalah peradangan pada kulit yang terlokalisasi (biasanya terjadi di folikel rambut). Nanah yang muncul sendiri merupakan hasil pertempuran dari sel darah putih dengan bakteri penyebab bisul. Sehingga sejauh ini tidak ada penemuan yang berhasil membuktikan mitos ini.

Selain itu, kemungkinan terjadinya bisul karena pori-pori yang tersumbat atau masuknya benda asing ke dalam kulit lebih memungkinkan untuk menjadi penyebab bisul. Jadi, banyak makan telur bisa sebabkan bisul hanyalah mitos.

0 komentar:

Posting Komentar