Kamis, 17 November 2016

Harumnya aroma bawang merah bantu sehatkan tubuh

Bawang menjadi salah satu jenis bumbu masakan yang paling sering dihindari orang untuk dikonsumsi. Alasannya, banyak orang yang enggan mulut mereka jadi bau karena makan bawang, terutama bawang merah.
Padahal menurut beberapa fakta kesehatan, bawang merah mampu menyumbang berbagai macam manfaat sehat untuk tubuh Anda. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah manfaat sehat dari makan bawang merah.

Tinggi quercetin
Quercetin merupakan zat alami dalam bawang merah yang memiliki sifat anti jamur, anti inflamasi, dan anti oksidan. Ilmu pengetahuan modern telah membuktikan bahwa zat ini juga anti kanker. Selain itu karena adanya zat quercetin dalam bawang merah, maka konsumsi bawang merah sangat efektif dalam memerangi flu dan demam.

Anti jamur
Selain quercetin, bawang merah juga mengandung allicin yang juga bersifat anti jamur serta anti kuman yang bisa menjadi penyebab kanker. Karena zat alami ini pula, mengonsumsi bawang merah secara teratur bisa membantu dalam mencegah penyakit jantung.

Kaya organosulfur
Organosulfur merupakan senyawa alami yang istimewa di dalam bawang merah. Zat ini sangat efektif dalam memerangi penyebab kanker prostat dan kanker lambung. Ilmu kedokteran pun membuktikan bahwa organosulfur mampu menciptakan lapisan pelindung untuk memerangi zat kanker di kelenjar prostat dan perut.

Mengurangi peradangan
Bawang merah merupakan rempah yang super sehat dan tinggi akan zat sehat. Selain quercetin, allicin, dan organosulfur, bawang merah pun mengandung onionin A yang mampu mengurangi peradangan dan rasa sakit yang disebabkan oleh menurunnya sistem kekebalan tubuh. Selain itu makan bawang merah juga bermanfaat sebagai obat untuk asma, alergi, dan arthritis.

Meskipun memiliki aroma yang menyengat, bawang merah tetaplah tinggi akan manfaat sehat. Jadi, jangan buang bawang merah dalam makanan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar