Jumat, 25 November 2016

Dibandingkan pria, wanita ternyata lebih mudah kembung

Perut kembung memang sangat mengganggu. Bahkan aktivitas pun dapat terganggu karena gangguan perut yang satu ini. Namun kabar buruknya ternyata perut wanita lebih muda kembung daripada pria.
Dr. Robynne Chutkan, seorang ahli pencernaan dari Amerika Serikat menyebutkan bahwa usus wanita lebih panjang sekitar 10cm daripada pria. Hal ini membuat makanan menjadi lebih lambat tercerna di dalam perut wanita sehingga membuat perut wanita lebih mudah kembung daripada pria. Selain lebih mudah kembung, usus yang lebih panjang juga dapat membuat wanita lebih mudah sembelit karena panjangnya 'jalan' yang harus dilalui oleh makanan.

Selain itu seperti yang dilansir dari dailymail.co.uk juga disebutkan pula bahwa hormon yang berbeda antara pria dan wanita juga menjadi faktor akan hal ini. Pria memiliki hormon testosteron yang lebih tinggi dari wanita dan berarti bahwa mereka memiliki dinding perut yang lebih kuat. Sedangkan wanita mempunyai fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi saluran pencernaan dan pada akhirnya mereka akan menjadi lebih sering kembung daripada wanita.

Terlepas dari hal itu, kembung juga dapat dipicu oleh hal lain seperti kebanyakan mengonsumsi permen karet, obat antibiotik, dan stres. Namun hal itu sebenarnya dapat dicegah dengan banyak mengonsumsi makanan yang dapat meminimalisir kembung.

0 komentar:

Posting Komentar