Sabtu, 29 Oktober 2016

MENGATASI KUKU MENGUNING AKIBAT SERING MENGGUNAKAN KUTEK

Untuk urusan penampilan, perempuan memang tiada habisnya. Kecuali memperhatikan tampilan pakaian, model rambut serta make up wajah, kaum hawa saat ini pun makin hirau dengan aksen untuk kuku-kuku mereka. Tak aneh jika makin banyak perusahaan kutek yang menjual berbagai macam kutek yang menarik. Bahkan tak terhitung lagi perempuan yang dengan rela hati membelanjakan uang ratusan ribu Rupiah hanya untuk mendapatkan kutek yang dibuat oleh perancang terkenal.
Dibalik warna-warna indah dari kutek ini ternyata ada fakta mengejutkan bahwa bila anda terlalu intens dalam pemakaian kutek bisa berakibat munculnya noda tetap yang membuat kuku menjadi menguning. Bekas di kuku dapat tampak jelas bila Anda kerap menggunakan kutek dengan warna gelap. Hal itu timbul disebabkan terjadinya reaksi kimia dari senyawa pewarna dengan keratin yang menghasilkan lapisan kuku. Akan tetapi reaksi kimia tersebut tak selalu ada pada tiap orang dan umumnya kuku akan menjadi kuning sesudah beberapa pekan penggunaan kutek.

Di samping pigmen warna dalam kutek, senyawa methanal pun dapat mengakibatkan kuku menjadi kuning. Methanal adalah zat pengeras yang sering dimanfaatkan untuk sejumlah produk kutek. Senyawa ini akan bereaksi dengan unsur keratin dalam kuku, menyebabkan kuku jadi rapuh dengan warna kekuningan. Guna menangani kuku menguning akibat penggunaan kutek, berikut adalah cara-cara yang bisa anda lakukan :

1. Manfaat susu
Kecuali membuat sehat tulang, susu pun bisa memperkuat struktur kuku. Di samping itu kadar senyawa di dalamnya bisa mengembalikan warna kuku yang lusuh kembali ke warna aslinya. Caranya dengan merendam tangan dalam larutan susu kurang lebih 15 menit tiap dua minggu satu kali.

2. Kegunaan lemon
Konsentrasi asam yang terkandung dalam buah lemon bisa menghapus bercak menguning di kuku. Langkahnya yaitu dengan menggosokkan potongan lemon ke kuku, kemudian rendamlah jari tangan dalam air hangat yang sudah ditambahkan jus lemon kurang lebih dalam 15 menit.

3. Fungsi odol
Odol tak sebatas berfungsi untuk gigi saja, kondisi kuku pun dapat menjadi putih dengan pasta gigi. Oleskan odol ke sikat gigi, sesudah itu gosok-gosokkan ke lapisan kuku. Biarkan sisa odol di kuku kurang lebih 15 menit kemudian basuh menggunakan air suam kuku.

4. Manfaat Base Coat
Pastikan menggunakan base coat ketika akan menggunakan cat kuku. Base coat adalah larutan jernih yang bekerja melapisi kuku supaya pewarna kutek tak langsung terkena kuku dengan begitu reaksi kimia antara kutek dengan kuku dapat dihindari.

5. Khasiat olive oil
Tak terhitung kegunaan untuk menunjang kecantikan dari minyak zaitun. Di samping bisa membuat lembab kulit, olive oil pun mampu menghapus bercak kekuningan di kuku. Ketika akan disapukan di kuku, panasi minyak zaitun lebih dulu, akan tetapi tidak usah sampai panas.

0 komentar:

Posting Komentar