Senin, 24 Oktober 2016

Cara Alami Menguatkan Rambut

Rambut rontok bisa disebabkan rambut yang tidak kuat sehingga mudah pula patah.
Rambut rapuh bisa diakibatkan oleh faktor lingkungan seperti sinar matahari, terlalu banyak berada di ruangan ber-AC, dan penataan rambut dengan menggunakan alat pemanas atau coloring.

Bila rambut terus-terusan patah dan rontok, ini bisa berujung pada kebotakan.

Penting untuk menguatkan rambut sehingga tidak ada lagi rambut rapuh dan rusak. Berikut cara yang bisa Anda ikuti untuk dapatkan rambut yang kuat.

1. Melembabkan Rambut
Rambut yang rapuh terlihat kusam karena tidak lembab serta kering. Rambut yang sangat kering cenderung menjadikan rambut rusak, maka sangat penting menjaga kelembaban rambut. Gunakan masker rambut yang melembabkan setiap seminggu sekali atau dua kali untuk merawat rambut.

Masker rambut yang bisa dibuat sendiri di rumah antara lain alpukat, jus wortel, dan lidah buaya. Minyak alami dan protein yang terkandung dalam buah alpukat sangat efektif menjaga kesehatan rambut serta kulit kepala. Cukup usapkan alpukat yang sudah dihaluskan ke seluruh permukaan rambut, diamkan 20 menit, lalu bilas dengan air hangat.

Beta carotene pada jus wortel mampu menguatkan rambut dan mencegah rambut rontok. Sementara lidah buaya telah lama digunakan sebagai bahan alami perawatan rambut bahkan pada jaman kuno Mesir. Lidah buaya mengandung enzim yang mempercepat pertumbuhan rambut. Kandungan alkali yang dapat menyeimbangkan tingkat pH pada kulit kepala dapat membantu rambut tumbuh lebih capet dan menjaga kelembaban kulit kepala.

2. Tidak Menggunakan Banyak Alat Pemanas
Ketika menata rambut, alat yang biasa digunakan adalah pengering rambut, alat catok, serta alat pengeriting. Namun terlalu sering menggunakan alat-alat tersebut akan mengakibatkan kerusakan rambut. Jika Anda ingin menata rambut dengan menggunakan alat pemanas, pastikan Anda membatasi jumlah panas dengan mengatur panas pada tingkat rendah dan tidak menggunakannya lebih dari 5 menit. Pemakaian alat pemanas yang terlalu sering tidak hanya merusak rambut tapi juga membuat kulit kepala kering serta pecah-pecah. Maka ada baiknya menghindari alat pemanas rambut dan menata rambut dengan cara yang alami saja.

3. Minyak Kelapa
Jika Anda mencari perawatan rambut yang mudah dan murah, minyak kelapa adalah jawabannya. Sudah dipercaya selama ribuan tahun dalam dunia kecantikan, minyak kelapa berfungsi menguatkan rambut sekaligus membuatnya berkilau dan mudah diatur. Pelumas alami pada minyak kelapa dapat merawat rambut dari akar hingga ujung rambut. Asam lemak pada minyak kelapa mengikat protein rambut dan melindungi akar serta helai rambut dari kerusakan. Maka minyak kelapa adalah teman terbaik bagi wanita yang bermasalah dengan rambut rusak, kusut, dan sensitif.

Usapkan minyak kelapa pada rambut dan biarkan selama 10-15 menit dengan ditutup shower cap. Dengan begitu, minyak akan meresap ke dalam serat rambut dan melembabkan kulit kepala juga.

4. Diet
Untuk menyeimbangkan kesehatan rambut, Anda pun memerlukan tambahan asupan protein, vitamin, dan mineral agar rambut semakin kuat dan sehat. Makanan yang dapat membuat rambut kuat antara lain makanan yang mengandung zat besi, zinc, biotin, selenium, vitamin B12, vitamin A, kalsium, dan karbohidrat. Pilihan makanan yang dapat Anda konsumsi antara lain buncis, kacang tanah, biji bunga matahari, almond, ikan tuna, dan lain sebagainya. Nutrisi dari makanan yang Anda makan tersebut secara langsung akan memperkuat rambut Anda dari dalam.

0 komentar:

Posting Komentar