Rabu, 14 September 2016

Tak hanya bikin cerdas, omega-3 juga mampu redakan depresi


Cokelat memang telah dikenal sebagai salah satu makanan yang membantu kamu meredakan stres. Ternyata, cokelat bukanlah satu-satunya, karena beberapa makanan lain juga menyimpan manfaat yang serupa.

Beberapa makanan lain yang dimaksud adalah lemak ikan, kacang kenari, dan biji rami serta semua jenis makanan yang kaya akan omega-3. Omega-3, yang merupakan jenis asam lemak yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik ternyata mampu mengurangi tingkat depresi yang dialami seseorang.

Kesimpulan ini didapat berdasarkan studi analisis yang diterbitkan dalam Translational Psychiatry. Studi tersebut menemukan bahwa suplemen omega-3 memberikan efek positif bagi kesehatan mental.

Seperti yang dilansir melalui medicaldaily, studi ini menganalisis 13 studi yang telah dilakukan sebelumnya. Studi tersebut melibatkan sekitar 1.200 peserta dengan gangguan depresi dan menilai efek omega-3 pada gejala para peserta.

Studi tersebut juga menilai keterkaitan faktor dosis dan rasio dua partikel asam, yaitu asam eicosapentaenoic (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Kedua asam ini bisa kamu temukan dalam ikan.

Hasilnya, suplemen omega-3 memberikan keuntungan pada pada gejala depresi, terutama bagi mereka dengan gejala kronis. Namun, studi tersebut juga menunjukkan hasil yang lebih baik ketika peserta mengonsumsi EPA yang dibarengi dengan konsumsi anti-depresan.

0 komentar:

Posting Komentar