Rabu, 14 September 2016

Punya teman yang cantik dapat meningkatkan motivasi kerja


Memiliki teman kerja dengan penampilan yang tampan atau cantik dapat memberi banyak manfaat pada diri orang-orang di sekitarnya. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Evolutionary Psychology, orang-orang dengan penampilan menarik tersebut dapat meningkatkan motivasi teman-teman sekitarnya untuk bekerja lebih keras agar membuat mereka terkesan.

Dilansir dari Medical Daily, Michael Baker seorang psikolog dari East Carolina University menyatakan bahwa seseorang dengan penampilan menarik tersebut dapat membuat teman mereka memiliki motivasi tinggi untuk membuat diri mereka terkesan dalam pekerjaan. Untuk membuktikan hal tersebut, Baker dan timnya melakukan dua kali percobaan dengan melibatkan 58 partisipan.

Partisipan tersebut diminta untuk melihat wajah dari lawan jenis mereka selama tujuh detik. Separuh dari partisipan diberikan wajah dari seseorang yang sangat menarik, sedangkan sisanya memandang wajah dengan penampilan biasa saja. Ketika sedang memandang wajah tersebut, partisipan diperdengarkan sebuah cerita dan kemudian diberikan enam pertanyaan untuk melihat kemampuan mereka menyerap cerita tersebut.

Berdasar percobaan tersebut ternyata diketahui bahwa partisipan yang memandang wajah yang menarik dapat mengingat lebih banyak detail dibanding mereka yang memandang wajah yang biasa saja. Pengaruh ini sangat terasa terutama pada pria yang memandang wajah wanita cantik. Wanita cenderung tidak begitu terpengaruh dengan wajah yang berada di depan mereka.

Pada penelitian kedua, peneliti memanfaatkan 123 partisipan dari kalangan mahasiswa hanya dengan cara yang sedikit berbeda dari percobaan pertama. Berdasar percobaan tersebut diketahui bahwa memandang wajah yang menarik sebelum melakukan sebuah tes atau mendengarkan cerita dapat meningkatkan motivasi kerja dan kemampuan kognitif secara signifikan.

Tetapi Baker dalam penelitian tersebut juga mengingatkan bahwa secara intuisi, wajah yang terlalu menarik juga dapat menimbulkan masalah dalam kemampuan kognitif.

0 komentar:

Posting Komentar