Sabtu, 24 September 2016

Sebenarnya, apakah yang dimaksud dengan hamil anggur?


Pertanyaan
Apakah yang dimaksud dengan hamil anggur? Apakah yang menyebabkannya?


Jawaban
Hamil anggur/ hamil mola, atau mola hidatidosa dalam bahasa medisnya, merupakan salah satu jenis kehamilan abnormal dimana pertumbuhan bakal janin digantikan oleh pertumbuhan tumor jinak yang berasal dari sel trofoblas. Trofoblas itu sendiri pada dasarnya merupakan sel penyusun plasenta - saluran/ penghubung yang terbentuk selama kehamilan untuk menyalurkan nutrisi dari Ibu ke janin dan membawa sisa metabolit (hasil eksresi) dari janin ke sirkulasi Ibu-. 

Pada hamil anggur, sel trofoblas tersebut mengalami pertumbuhan abnormal saat sel telur dibuahi oleh sperma; selanjutnya, pertumbuhan abnormal dari sel trofoblas tersebut akan menyebabkan terbentuknya massa abnormal yang tersusun atas kista (kantung berisi cairan) dan terlihat seperti anggur putih. 

Secara umum, hamil anggur disebabkan oleh ketidakseimbangan informasi genetik (kromosom) saat pembuahan. Hal ini biasanya terjadi ketika sel telur yang tidak mengandung kromosom dibuahi oleh sperma (kehamilan molar lengkap) atau ketika sel telur normal dibuahi oleh dua sperma (molar kehamilan parsial). Dalam kasus hamil anggur yang lengkap, embrio tidak berkembang sama sekali. Sedangkan pada hamil anggur sebagian atau parsial, janin dapat berkembang tetapi tidak pernah menghasilkan bayi yang normal. 

Usia lebih dari 35 tahun, adanya riwayat kehamilan mola sebelumnya, riwayat keguguran berulang, serta kekurangan vitamin A merupakan beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kehamilan mola. 

0 komentar:

Posting Komentar