Rabu, 28 September 2016

Meski warnanya gelap, 9 makanan ini siap cerahkan kesehatan tubuhmu


Selama bertahun-tahun, banyak tips kesehatan yang menyarankan kamu untuk memperbanyak konsumsi makanan hijau. Alasannya, karena makanan hijau kaya akan klorofil yang baik untuk mendukung kesehatan tubuhmu.

Namun kamu tidak boleh lupa bahwa ada begitu banyak makanan sehat di sekelilingmu yang berwarna-warni. Termasuk dengan makanan yang berwarna hitam. Uniknya, makanan dengan warna hitam juga baik untuk kesehatan lho. Tak percaya? Berikut adalah bukti bahwa sederetan makanan berwarna hitam di bawah ini siap untuk menyehatkan tubuhmu.

Beras hitam
Beras merupakan makanan pokokmu yang menjadi orang Indonesia. Kamu pasti tahu bahwa beras terkadang menyimpan zat gula yang tak baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu kamu pun disarankan untuk menggantinya dengan beras merah yang lebih rendah akan kandungan gula serta karbo.

Well, selain beras merah, ada pula beras hitam yang bermanfaat untuk kesehatan karena mengandung lebih banyak anthocyanin, zat antioksidan yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Zaitun hitam
Zaitun sendiri adalah buah yang sehat. Begitu pula dengan zaitun hitam yang masuk ke dalam jajaran superfood. Mengonsumsi buah ini secara rutin sangat baik untuk kesehatanmu karena tinggi akan zat antioksidan serta menurunkan kadar kolesterol.

Teh hitam
Teh hitam saat ini cukup populer dibandingkan dengan teh hijau. Teh hitam sendiri mengandung theaflavin, zat sehat yang membantu menurunkan risiko terkena serangan jantung.

Kacang hitam
Kacang hitam adalah sumber zat besi. Mengonsumsi makanan ini tak hanya baik untuk mendukung produksi darah, namun juga menurunkan risiko terkena kanker.

Blackberry
Kandungan polifenol di dalam blackberry sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan otakmu. Jika kamu mengonsumsinya secara teratur, maka bisa menurunkan risikomu untuk terkena penyakit demensia atau Alzheimer di usia muda.

Jamur hitam
Mengonsumsi jamur hitam ternyata sangat bermanfaat untuk mencegah kanker. Sebab jamur hitam kaya akan zat antioksidan yang membantu untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah penuaan dini.

Lada hitam
Lada hitam mengandung senyawa aktif pemberi rasa pedas yang disebut dengan piperin. Bersama dengan zat besi, kalium, kalsium, magnesium, mangan, seng, kromium, serta vitamin A dan vitamin C, mengonsumsi si kecil ini sangat baik untuk menurunkan berat badan serta mencegah serangan penyakit.

Mustard hitam
Meskipun bentuknya kecil, mustard hitam sangat tinggi akan kalsium yang mampu melindungi kesehatan tulang dan gigimu.

Wijen hitam
Wijen hitam sangat tinggi akan protein yang bermanfaat untuk mengatur tekanan darah, mencegah diabetes, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

Jadi, jangan remehkan warnanya ya. Sebab makanan berwarna hitam legam seperti penjelasan di atas bermanfaat tinggi untuk mencerahkan kesehatan tubuhmu.

0 komentar:

Posting Komentar