Rabu, 28 September 2016

Aroma parfum hingga ikatan rambut ternyata bisa bikin kepala pusing


Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami sakit kepala. Bahkan diperkirakan bahwa setengah dari seluruh populasi orang dewasa di dunia pernah mengalami sakit kepala setidaknya sekali dalam setahun.

Umumnya sakit kepala disebabkan oleh stres, konsumsi makanan tertentu, atau kurang tidur. Namun penelitian yang dilansir dari medicaldaily.com menjelaskan bahwa ada beberapa faktor sederhana yang membuatmu merasakan nyeri di kepala seperti contoh berikut.

Konsumsi acar atau makanan fermentasi
Tahukah kamu bahwa mengonsumsi makanan yang difermentasi seperti acar, keju, atau daging asap bisa membuatmu sakit kepala? Sebab makanan tersebut mengandung sulfit yang dapat melebarkan pembuluh darah dan membuatmu sakit kepala.

Wewangian
Aroma parfum yang terlalu keras ternyata bisa membuatmu sakit kepala, lho.

Layar komputer
Variasi cahaya dan kecerahan di ponsel atau layar komputer dapat mengaktifkan retina dan saraf di belakang mata yang dapat menyebabkan rasa sakit di belakang mata.

Dehidrasi
Saat tubuh dehidrasi, maka tubuh kehilangan sebagian besar air dan elektrolit yang diperlukan untuk berfungsi secara normal. Beberapa ahli kesehatan pun mengatakan bahwa hal ini bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang kemudian menjadi penyebab kepala pusing.

Kafein
Kafein memberikan efek fisiologis pada sistem pembuluh darah dan dapat mengakibatkan penyempitan pembuluh darah yang bisa membuat kepalamu pusing.

Hubungan yang tidak sehat
Apakah kamu sering bertengkar dengan pasangan atau kamu memiliki kehidupan sosialisasi yang tidak baik? Jika ya, bersiaplah dengan ancaman sakit kepala. "Stres karena tekanan membuat tubuh kurang oksigen dan terjadi penyempitan pembuluh darah, penyebab kepala jadi pusing."

Ikatan rambut yang terlalu ketat
Saat kamu mengikat rambutmu dengan karet yang terlalu erat, maka terjadi ketegangan di kepala. Hal inilah yang berujung dengan munculnya rasa pusing.

Konsumsi es krim
Pusing karena makan es krim bisa terjadi. Meski hingga sejauh ini para peneliti belum menemukan penyebabnya, namun kombinasi stimulasi saraf yang sensitif ditambah dengan suhu dingin saat makan es krim bisa membuatmu jadi pusing.

0 komentar:

Posting Komentar