Rabu, 21 September 2016

4 Hal tak terduga yang bikin kamu sulit bernapas


Bernapas merupakan hal utama yang penting untuk kehidupan manusia. Sebab jika kamu tidak bernapas, maka tidak ada lagi oksigen yang kamu hirup agar tubuhmu berfungsi dengan baik.

Faktanya, terkadang kamu mengalami kesulitan untuk bernapas. Dadamu terasa berat untuk menghirup oksigen serta paru-parumu terasa sesak. Lantas, apa yang membuatmu tiba-tiba sulit bernapas? Berikut adalah faktor-faktornya yang tidak kamu duga.

Alergi
Alergi terutama yang berhubungan dengan serbuk sari tumbuhan hingga polusi udara bisa memicu serangan asma yang kemudian membuatmu kesulitan untuk bernapas. Seseorang yang memiliki alergi ini kemudian akan batuk dan terjadi peradangan yang menghalangi saluran udara untuk bernapas.

Sleep apnea
Sleep apnea atau gangguan tidur ternyata juga bisa membuatmu sulit untuk bernapas secara tiba-tiba. Kondisi ini kemudian akan menyebabkanmu menjadi kejang, hilang kesadaran, dan tubuh berubah menjadi biru atau melemas.

Asma cardiac
Asma cardiac atau asma jantung memiliki gejala yang sama seperti asma. Asma cardiac ini terjadi saat ruang jantung di sebelah kiri tidak mampu menjaga aliran darah dengan baik dibandingkan dengan ruang jantung di sebelah kanan. Akibatnya kamu jadi kesulitan untuk bernapas dan hal ini menjadi indikasi awal dari penyakit jantung koroner.

Penyakit arteri koroner
Mirip dengan asma jantung, penyakit arteri koroner juga akan membuatmu kesulitan bernapas karena pembuluh darah yang macet sehingga aliran darah tidak lancar ke jantung.

Itulah beberapa faktor tak terduga yang tiba-tiba membuatmu kesulitan untuk bernapas. Karena bernapas sangatlah penting untuk tubuhmu, maka selalu jaga kesehatan sistem pernapasanmu.

0 komentar:

Posting Komentar