Selasa, 06 Juni 2017

Penyebab Sakit Kepala Saat Berpuasa dan Cara Mengatasinya

Saat sakit kepala menyerang, minum obat bisa jadi salah satu solusinya. Namun bagaimana jika sakit kepala datang saat tengah menjalankan puasa? Kira-kira apa penyebab dan bagaimana cara mengatasinya ya?

Sponsor: Jasa Pembuatan Fanpage

Disebutkan dr Dito Anurogo, pengasuh konsultasi detikHealth, kurangnya kebutuhan cairan tubuh alias dehidrasi saat berbuka puasa maupun sahur menjadi penyebab seseorang mengalami sakit kepala.

"Dehidrasi memicu berkurangnya volume cairan tubuh, menurunkan tekanan darah, sehingga memicu serangan pusing atau sakit kepala," kata dr Dito, sapaannya.

Kemudian alasan lain datangnya sakit kepala saat berpuasa adalah terkait dengan kadar gula darah. Menurut dr Dito, penurunan atau peningkatan kadar glukosa dalam tubuh juga berpotensi memicu serangan sakit kepala.

Meski demikian, untuk menghalau serangan sakit kepala dan ibadah puasa Anda tetap khusyuk, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, di antaranya dengan memperhatikan kebiasaan makan dan minum saat berbuka puasa dan sahur, disertai cukup minum setidaknya 8 gelas setiap hari.

Lebih pentingnya lagi, tetap makan sahur meskipun hanya dengan beberapa butir kurma, buah pisang, roti, atau minum susu sereal. Selain itu, kurangi atau hentikan konsumsi kafein sementara selama Ramadan, sebab kafein juga ditengarai bisa menyebabkan terjadinya sakit kepala.

Di samping memperhatikan asupan yang masuk ke dalam tubuh, jangan lupa juga menjaga pola hidup. Termasuk berolahraga teratur 30-45 menit sebelum berbuka puasa setiap harinya, hindari pula kerja lembur dan cukup tidur.

"Usahakan tetap tidur di malam hari meskipun hanya selama 2-3 jam, sebelum bangun tidur untuk sahur, tetap makan sahur dan berbuka puasa di jam yang sama secara disiplin setiap harinya," anjur dr Dito.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

★★★
Layanan Iklan Promosi Untuk Produk Usaha Atau Bisnismu, Silahkan Hubungi Team Jasa Iklan Fanpage Kiella Digital Adv!

★★★
Ingin Konsultasi Atau Beriklan di Portal Berita Kami? Cukup Click Link berikut ini (http://m.me/PortalBeritaKecantikanGifiskincare)

0 komentar:

Posting Komentar