Minggu, 26 Februari 2017

Cara Mencegah Sakit Punggung Saat Hamil

Kehamilan merupakan sebuah hadiah atau anugerah terindah yang diberikan oleh sang Pencipta untuk setiap pasangan yang sudah menikah. Mengetahui kehamilan tersebut tentunya membuat pasangan dan keluarga terdekatnya ikut merasa bahagia.
Akan tetapi, wanita yang mengandung tidak selalu merasa bahagia. Terkadang, ibu hamil juga mengeluh. Keluhan  yang biasanya dimiliki oleh ibu hamil antara lain, nyeri pinggang, punggung, pegal-pegal di beberapa anggota tubuh, dan lain sebagainya.

Ketahuilah bahwa seiring bertambahnya kehamilan, semakin berat beban yang harus ditopang oleh ibu hamil. Tak heran jika banyak ibu hamil yang mengalami pegal-pegal atau sakit punggung. Sebenarnya ada cara agar ibu hamil tak mengalami berbagai keluhan itu, terlebih sakit punggung.

berikut cara mencegah sakit punggung saat hamil:

1. Tetap aktif bergerak
Ketika sedang hamil, bukan berarti Anda hanya bermalas-malasan di rumah saja. Jika kondisi kehamilan Anda sehat, maka alangkah baiknya untuk tetap aktif bergerak. Biarkan tubuh Anda bergerak melakukan berbagai kegiatan ringan, seperti memasak, jalan santai pada pagi dan sore hari, yoga, dan hal lainnya yang menggerakkan tubuh.

2. Jangan biasakan membungkuk
Para ibu hamil sebenarnya tidak disarankan untuk membungkuk, apalagi bungkuk sambil mengangkat barang. Bungkuk hanya akan menambah beban pada perut sehingga bisa mengakibatkan nyeri bahkan cedera. Usahakan tidak membungkuk atau mengangkat barang yang berat. Jika ingin mengambil barang yang terjatuh, maka lebih baik tekuk kedua lutut Anda hingga tubuh merendah, lalu mengambil barang.

3. Memakai penopang punggung
Untuk mencegah nyeri punggung dan menjaga postur tubuh tetap sehat, Anda bisa memakai penopang punggung khusus untuk ibu hamil. Anda bisa mendapatkan di apotek atau toko perlengkapan ibu hamil. Selain itu, Anda juga bisa meminta bantuan sang suami untuk memberikan pijatan ringan di punggung.

4. Duduk dengan posisi yang benar
Bagi Anda ibu hamil yang masih bekerja di kantor, pastikan kursi yang diduduki itu nyaman. Kursi harus menopang pinggul hingga seluruh punggung. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan bantal untuk dijadikan penyangga. Perhatikan juga posisi kaki Anda. Pastikan kaki berpijak pada lantai atau berada pada pijakan meja. Jangan duduk sambil menyilangkan kaki atau menarik satu kaki ke atas kursi. Pastikan juga Anda melakukan peregangan atau berdiri setiap 30 menit sekali untuk mencegah nyeri punggung.

5. Mengganti posisi perlahan
Sejak awal kehamilan, biasakan untuk berpindah posisi dengan gerakan perlahan. Misalnya, pada saat sedang duduk, lalu Anda ingin berdiri. Lakukan pergantian posisi itu secara perlahan. Gerakan yang pelan akan membuat punggung Anda tidak tersentak. Anda juga perlu melakukan ini pada saat ingin melakukan kegiatan lain untuk mencegah sakit punggung.

Itulah cara mencegah sakit punggung saat hamil. Nyeri dan pegal-pegal di beberapa bagian tubuh yang dirasakan oleh ibu hamil merupakan hal yang wajar. Untuk megatasinya ibu hamil boleh dipijat secara perlahan. Namun, pemijatan boleh dilakukan pada anggota badan yang bergerak, seperti kepala, bahu, punggung belakang, panggul, pantat, tangan, dan kaki mulai dari betis hingga paha.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Portal Berita Kecantikan Gifiskincare Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar