Sabtu, 24 Desember 2016

Awas! Reptile peliharaan bisa tularkan salmonella pada anak

Sebuah penelitian yang datang dari Inggris menemukan bahwa satu dari empat anak yang berusia di atas 4 tahun terinfeksi salmonella dari reptil peliharaan mereka. Anak-anak yang terinfeksi sebagian besar berusia lebih muda dari anak-anak lainnya. Anak-anak yang dirawat di rumah sakit karena terserang salmonella ini cenderung memiliki infeksi invasif yang memengaruhi darah atau otak.
Salmonella adalah jenis bakteri yang paling sering dikaitkan dengan keracunan makanan dan umumnya menyebabkan gejala seperti mual dan muntah. Namun, Dr. Daniel Murphy dari Rumah Sakit Royal Cornwall, Inggris mencatat kasus yang lebih serius dapat menyebabkan keracunan darah, meningitis (infeksi pada selaput pelindung yang menyelimuti otak dan saraf tulang belakang), dan infeksi tulang.

Orang-orang yang rentan pada infeksi salmonella adalah orang-orang yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah, anak-anak dan bahkan para bayi. Dr. Murphy dan timnya menggunakan data tentang salmonella pada anak-anak di bawah lima tahun di wilayah Barat daya Inggris sejak tahun 2013.

Para peneliti memeriksa catatan untuk menentukan apakah anak-anak tersebut terinfeksi dari reptil peliharaannya seperti kadal atau ular. Selain itu, para peneliti juga melihat apakah anak-anak tersebut pernah dirawat di rumah sakit karena infeksi.

Delapan dari 48 anak-anak yang terkena infeksi dan memiliki kontak dengan reptil mengalami meningitis atau radang usus dan infeksi darah. Sebagai perbandingan hanya empat dari 127 kasus yang tidak memiliki kontak dengan reptil.

Dr. Murphy menjelaskan bahwa salmonella ditularkan dari reptil peliharaan pada manusia ketika reptil mengeluarkan bakteri dari usus. Ini sangat berbahaya bagi para anak, terutama para balita yang berada pada tahap senang memasukkan barang ke mulutnya.

Untuk menghindari hal ini,membiasakan sang anak untuk mencuci tangan setelah menyentuh reptil adalah cara yang tepat. Dr. Murphy juga menyarankan untuk membatasi ruang gerak reptil dalam ruangan. Ini karena, tanpa kontak langsung dengan reptil pun anak-anak bisa terinfeksi salmonella. Sehingga mempertimbangkan ruang gerak sang reptil kesayangan saat berada dalam ruangan adalah tindakan pencegahan yang sangat diperlukan.

★★★
Terima Kasih Sudah Membaca Artikel Dari Tipsperawatanwajahdantubuh Mohon Berikan Like,Comment, Atau Share Jika Informasi Yang Kami Sajikan Bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar